Senin , 22 Juli 2019
Home / Daerah / Kaur / PKBM Terima Alokasi Anggaran BOP Rp 1,1 Miliar

PKBM Terima Alokasi Anggaran BOP Rp 1,1 Miliar

KOTA BINTUHAN – Tahun ini, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) mendapatkan kucuran anggaran Rp 1,1 miliar. Ini adalah bantuan operasional penyelenggaraan (BOP) pendidikan kesetaraan khusus di PKBM. Ada sebanyak 15 PKBM  di Kaur yang akan mendapatkan bantuan ini. “Untuk PKBM juga ada dana BOPnya tahun ini namanya BOP kesetaraan khusus untuk PKBM yang ada di Kaur. Tentunya PKBM yang aktif melakukan kegiatan belajar mengajar. Siswanya setiap tahun ada dan itu yang paling kita utamakan,” kata Kasi Kurikulum Bidang PAUDNI Dispendik Kaur, Hermansyah kepada RB.

Saat ini Dispendik tengah menunggu juklak dan juknis penggunaan BOP kesetaraan khusus untuk PKBM. Dalam waktu dekat ini juga akan mengecek seluruh PKBM yang ada di Kaur. Sehingga BOP ini nantinya bisa tepat sasaran.

Sementara itu, tahun  ini BOP Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kaur jumlahnya lebih kecil dari tahun 2018 lalu. Jika tahun lalu BOP PAUD Rp 1,9 miliar lebih saat ini hanya Rp 1,7 miliar lebih. Atau ada pengurangan dua  ratus juga dari tahun sebelumnya.

Namun anggarannya belum bias dikucurkan ke masing-masing PAUD. Karena terganjal juklak dan juknis. Selain itu juga ada beberapa persyaratan seperti pengajuan proposal dari PAUD ke Dispendik Kaur. PAUD penerima BOP tahun 2018 juga diminta untuk segera menyampaikan laporan penggunaan anggaran itu.

“BOP untuk PAUD dan untuk PKBM terpisah. Namun teknis pencairannya dan laporan penggunaannya diperkirakan sama. Untuk itu kita masih tunggu petunjuk teknis pencairan BOP baik itu untuk BOP Paud dan juga BOP untuk PKBM,” pungkas Kasi Kurikulum Bidang PAUDNI.(cik)

Berita Lainnya

10 Jam Tersangka Pembunuhan Dibekuk Polres Kaur

KOTA BINTUHAN – RS (21) warga Manau Sembilan Dua Kecamatan Pagulu diamankan anggota Polres Kaur ...

error: Content is protected !!