Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Antisipasi DBD, Dinkes Siapkan Fogging

Antisipasi DBD, Dinkes Siapkan Fogging

BENTENG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), menyiapkan fogging untuk Desa Karang Tinggi pascainformasi mengenai wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang sudah menelan empat warga hingga harus dirawat ke RSUD Benteng.

Kasi Penanangan Penyakit Berbahaya Dinkes Benteng, Idham Kholid, SKM saat dikonfirmasi menjelaskan, untuk racun dan alat fogging sudah disiapkan Dinkes. Namun, sebelum pelaksanaan fogging dilakukan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Karang Tinggi. “Supaya dalam pelaksanaan fogging dilakukan secara bersama-sama,” jelasnya, kemarin (24/3).

Saat ini Dinkes Benteng melalui Puskesmas Karang Tinggi masih terus mendata ulang jumlah korban DBD. Dikhawatirkan akan bertambah mengingat hujan terjadi dalam beberapa hari terakhir. Musim hujan nyamuk akan mudah berkembang biak. Idham juga mengimbau agar bisa dilaporkan apabila ada temuan di lapangan mengenai korban DBD. “Kalau dilaporkan cepat, kami juga bisa mengambil tindakan cepat,” katanya.

Sementara sosialisasi melalui Dinkes juga dilakukan, terutama kepada masyarakat agar sama-sama menjaga kondisi rumah supaya tetap bersih. Menghindari adanya penampungan air yang tidak bermanfaat karena akan menjadi sarang nyamuk bertelur dan menetaskan anaknya.

Kepala Puskesmas Karang Tinggi, Julianti, S.TR.Keb menjelaskan untuk koordinasi dengan Pemerintahan Desa sudah dilakukan. Minggu ini pihaknya memang mempersiapkan pelaksanaan fogging. Meskipun saat ini dana operasional foging terbilang minim, namun pihaknya siap membantu penyediaan dana fogging secara swadaya. “Kami siap membantu masyarakat yang memerlukan penanganan untuk pencegahan DBD,” demikian Julianti. (vla)

Berita Lainnya

Lembur, Pemkab Periksa Kesehatan PPK

BENTENG – Belum selesainya pelaksanaan penghitungan suara tingkat PPK, menarik perhatian Pemkab Benteng. Plt.Sekda Benteng, ...

error: Content is protected !!