Selasa , 23 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Jalan Semidang Lagan Jalur Alternatif

Jalan Semidang Lagan Jalur Alternatif

BERUBAH STATUS: Jalan Semidang Lagan masih dalam proses perubahan statusnya dari jalan Kabupaten menjadi jalan Provinsi. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Perubahan jalur jalan Semidang Lagan (SL) dari jalan Kabupaten menjadi jalan Provinsi akan menjadi jalur alternative, terutama untuk mengatasi kemacetan. Jalur tersebut bukan hanya akan menembus dalam wilayah Kabupaten Benteng, melainkan juga akan langsung menuju Kabupaten Kepahiang.

Camat Semidang Lagan, Depi Junaidi, S.Sos menjelaskan, pihaknya sudah mengikuti peninjauan beberapa titik yang akan menjadi jalur alternatif tersebut. “Perubahan status jalan tentu akan diikuti dengan pembangunan,” jelasnya, Minggu (24/3).

Menurutnya, hal inilah yang diharapkan oleh masyarakat. Selama ini pembangunan jalan memang sudah dilakukan, namun apabila menjadi jalan Provinsi pembangunannya akan lebih meningkat lagi. Kondisi jalan saat ini belum 100 persen aspal memang diharapkan ke depannya bisa diaspal. “Masyarakat Kecamatan Semidang Lagan khususnya mendukung hal tersebut,” katanya.

Terbukti apabila ada perluasan dan pelebaran jalan, maka warga siap menghibahkan beberapa meter lahannya. Jalan Provinsi setidaknya memiliki lebar 7 meter untuk jalan sepanjang 17 Km yang direncanakan tersebut.

Hal yang sama juga diakui Anggota DPRD Benteng Dapil Semidang Lagan, Evi Susanti, S.IP. Menurutnya saat ini di tingkat DPRD Benteng juga terus memantau dan mendorong agar perubahan status jalan tersebut bisa terealisasikan. “Pihak DPRD Benteng juga sudah menemui Pemerintah Provinsi, dan sudah dalam proses untuk perubahan statusnya,” ujarnya.

Apabila jalan nantinya sudah dibangun, selain menjadi jalur alternatif, juga akan memudahkan masyarakat terutama untuk sarana infrastrukturnya. Selama ini banyak warga termasuk aparatur pemerintahan seperti guru yang melaksanakan tugas hingga ke Desa Kota Niur masih menumpang kendaraan angkutan batu bara supaya lebih aman sampai menuju tempat tugasnya. “Kalau jalan sudah bagus, bisa dengan mudah sampai ke tempat tujuan,” demikian Evi. (vla)

Berita Lainnya

4.194 Pelajar SD/SMP Ikuti Unas

BENTENG – Hari pertama ujian nasional (Unas) tingkat SD/SMP Senin (22/4) diikuti 4.194 pelajar. Rinciannya ...

error: Content is protected !!