Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Lebong / Minat Baca Masyarakat Masih Rendah

Minat Baca Masyarakat Masih Rendah

SEPI : Hanya sedikit pelajar di Lebong yang memanfaatkan fasilitas gratis perpustakaan keliling. (foto : aris/rb)

LEBONG TENGAH – Kendati sudah dilengkapi bahan bacaan yang jumlahnya mencapai 1.300an judul, namun Perpustakaan Umum Kabupaten Lebong masih saja sepi pengunjung. Hal itu menunjukkan minat baca buku masyarakat Kabupaten Lebong yang masih rendah. Padahal menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lebong, Drs. Achmad Ghozali, pihaknya sangat sering melakukan sosialisasi guna menumbuhkan minat baca masyarakat.

Bahkan pihak Perpustakaan sudah membentuk kelompok binaan gemar membaca buku. Jumlah anggotanya mencapai 5 ribuan yang didominasi kalangan pelajar. Namun dari 30 ribu lebih pelajar di Kabupaten Lebong, per hari rata-rata hanya 6 sampai 10 pelajar yang berkunjung ke perpustakaan umum. ‘’Itupun didominasi kalangan pelajar SD,’’ kata Ghozali.

Selain dipengaruhi tingkat Sumber Saya Manusia (SDM) yang memang masih rendah, kurangnya minat baca masyarakat juga disebabkan berkembangnya teknologi yang salah satunya gadget. Melalui smartphone, masyarakat bisa mengakses berbagai informasi dan pengetahuan umum dengan mudah. ‘’Namun harus diingat, buku tetap lebih unggul. Selain isinya yang mudah dicerna otak manusia, isi buku juga lebih lengkap,’’ terang Ghozali.

Pihaknya terus berupaya mencari alternatif lain dalam meningkatkan minat masyarakat membaca buku. Diantaranya dengan meningkatkan pelayanan perpustakaan. Selain memperkaya koleksi buku berkualitas, ruang baca juga direnovasi. ‘’Termasuk memanfaatkan perpustakaan keliling dengan turun langsung ke sekolah-sekolah dan desa yang ada di Lebong,’’ tutur Ghozali.

Mengingat semua fasilitas yang ada di perpustakaan umum dibeli dari APBD Kabupaten Lebong. Sangat disayangkan jika masyarakat tidak menggunakan perpustakaan sebagai wadah menambah wawasan. ‘’Kami tetap akan berusaha maksimal bagaimana caranya membuktikan bahwa perpustakaan merupakan jendela ilmu sekaligus gudangnya informasi,’’ tutup Ghozali. (sca)

Berita Lainnya

Anggota Linmas MD Usai Pemilu

LEBONG SELATAN – Jika Kepahiang belakangan ini dihebohkan dengan ketua ranting partai politik (parpol) yang ...

error: Content is protected !!