Jumat , 20 September 2019
Home / Berita utama / Wujudkan Rekrutmen Transparan Penerimaan Anggota Polri

Wujudkan Rekrutmen Transparan Penerimaan Anggota Polri

PAKTA INTEGRITAS : Kapolda Bengkulu Brigjend. Pol. Supratman, MH menyaksikan langsung penandatanganan pakta integritas penerimaan anggota polri 2019. (foto : ekky/rb)

BENGKULU – Bertempat di lapangan Mapolda Bengkulu, Minggu (24/3), Polda Bengkulu juga menggelar acara pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan anggota Polri tahun 2019. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak seluruh polda di Indonesia melalui streaming (live) dengan Mabes Polri.

Di Polda Bengkulu, penandatanganan pakta integritas ini diikuti oleh 2.500 orang mulai dari siswa (calon Polri), orangtua calon siswa, pengawas dan panitia. Untuk siswa calon Polri sendiri sebanyak 1.000 orang. Penandatanganan pakta integritas ini dipimpin dan disaksikan langsung oleh Kapolda Bengkulu Brigjen. Pol. Supratman, MH.

Kegiatan ini secara nasional mendapat apresiasi dari Musium rekor dunia indonesia (Muri) yang diberikan kepada Asisten SDM Polri, Irjen Eko Indra Heri yaitu sekitar 100 ribu calon anggota Kepolisian RI (Polri) yang menandatangani pakta integritas.

Dalam sambutannya, Supratman mengatakan bahwa perumusan strategi pelaksanaan penerimaan anggota Polri akan terus dilakukan oleh Polri. Hal ini dimaksudkan untuk memenuhi harapan masyarakat yang membutuhkan polisi dengan sikap humanis dalam pelayanan, serta tegas dalam penegakan hukum dapat tercapai.

“Tuntutan mendasar yang harus segera terpenuhi agar profesioanalisme Polri terwujud adalah dengan dimulai dari proses rekruitmen anggota Polri yang baik dan transparan,” kata Supratman.

Ditambahkannya bahwa semua tahapan seleksi dilakukan secara terbuka dimana seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil pemeriksaan dan pengujian di setiap tahapannya. Mulai dari proses penerimaan berkas, pemeriksaan administrasi, kesehatan, psikologi, kesamaptaan jasmani dan antropometrik, pengujian akademik serta penelusuran mental kepribdian hingga proses sidang terbuka kelulusan akhir.

“Semua akan dilakukan secara terbuka dengan adanya pengawasan baik internal maupun eksternal.” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, seluruh calon siswa (casis) baik itu tamtama, bintara dan akpol beserta orangtua/wali juga mengikuti pembacaan sumpah janji proses seleksi penerimaan anggota Polri tahun 2019 yang BERSIH. Tak hanya itu dari pihak panitia tak luput dari sumpah janji akan berprinsip BETAH, yakni Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

Tampak hadir pada pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas tersebut wakapolda Bengkulu, Irwasda, para Pejabat utama Polda Bengkulu, Pengawas Eksternal dari LSM GARDA P3ER, HIMPSI, DIKNAS, IDI, DUKCAPIL, KNI dan AUDITOR TI. Acara berjalan khidmat dan meriah walaupun sempat diguyur hujan dan angin.(tew)

Berita Lainnya

Tiga Kali Imam Nahrawi Mangkir dari Panggilan KPK

JAKARTA – KPK kembali melayangkan surat panggilan ke Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ...

error: Content is protected !!