Selasa , 25 Juni 2019
Home / Berita utama / Gubernur Rohidin Terima Penghargaan

Gubernur Rohidin Terima Penghargaan

TERIMA: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menerima penghargaan dari Menteri Hukum an HAM RI Yasonna H Laoly, Senin (25/3)

BENGKULU –  Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah menerima secara langsung penghargaan yang diberikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly, Senin (25/3) di Graha Bakti Pemasyarakatan, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Jakarta. Penghargaan ini merupakan apresiasi atas dukungan dan partisipasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

“Kita dapat penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM terkait dukungan dan perhatian tentang partisipasi Pemprov dan Kota Bengkulu terkait pemenuhan hak anak akan kepemilikan identitas anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA),” kata Gubernur Bengkulu Rohidin.

Rohidin atas nama pemerintah Provinsi Bengkulu dan masyarakat Bengkulu mengucapkan terima kasih penghargaan yang diterima. Penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi Pemprov Bengkulu termasuk pemkab/pemkot agar dapat memberikan hak lebih baik lagi bagi anak di Bengkulu, dan di Indonesia pada umumnya. Juga sebagai penyemangat dalam membangun Provinsi Bengkulu yang lebih baik.

Menurutnya juga, pemenuhan hak identitas anak, mulai Kartu Identitas Anak (KIA), e-KTP, dan akta kelahiran menjadi hal yang penting  untuk segera dipenuhi agar anak memiliki akses pelayanan publik lainnya. Seperti layanan kesehatan dengan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan layanan pendidikan dengan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Termasuk untuk Anak Berhadapan Hukum (ABH).

“Di bawah 17 tahun kita berikan KIA, dan di atas 17 tahun sudah bisa diberikan e-KTP. Sehingga mereka (ABH) juga bisa mengakses layanan kesehatan dan pendidikan yang merupakan hak setiap anak,” terang Rohidin.

Meskipun sedang berada di LPKA karena sedang berhadapan dengan hukum namun ditegaskan Rohidin, mereka tetap memiliki hak-hak sebagai anak Indonesia yang harus tetap memiliki masa depan. “Harus tetap memiliki semangat lebih baik. Saya kira itu merupakan kewajiban kita semua untuk memenuhinya,” imbuh Rohidin.

Selain Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Wakil Walikota Helmi Hasan juga menerima penghargaan serupa dari Menteri Hukum dan HAM RI, kemarin. Penyerahan penghargaan ini diberikan dalam rangkaian peringatan Bakti Pemasyarakatan ke 55 tahun 2019. Pada peringatan ini Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham melakukan Gerakan Nasional Pemenuhan Hak Identitas Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) di LPKA.

Kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA), berkerja sama dengan Dukcapil pusat dan daerah. Bengkulu masuk ke dalam 5 LPKA piloting bersama Palembang, DKI Jakarta, Blitar dan Bandung yang telah diawali sejak awal bulan Februari 2019. Selanjutnya juga akan dilaksanakan oleh LPKA lainnya di seluruh Indonesia. (key)

 

 

Berita Lainnya

Serbu, Kampung Seru IM3 Ooredoo di Kabupaten Kepahiang

BENGKULU- Mensosialisasikan produk andalan terbaru New Freedom dari IM3 Ooredoo, Minggu (23/6), Indosat Ooredoo Bengkulu ...

error: Content is protected !!