Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Karang Tinggi Darurat DBD

Karang Tinggi Darurat DBD

FOGGING: Camat Karang Tinggi ikut melakukan fogging di Desa Karang Tinggi. Saat ini penderita DBD di desa itu mencapai 10 orang. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Penderita demam berdarang dengue (DBD) di Desa Karang Tinggi hingga Senin (25/3) sudah mencapai 10 orang. Padahal Jumat (22/3) lalu baru empat orang yang terserang DBD. Khawatir lebih banyak warga yang terjangkit DBD, masyarakat secara swadaya dibantu petugas Puskesmas Karang Tinggi, memfogging kawasan pemukikan desa itu. Kepala Puskesmas Karang Tinggi, Juliyanti S.TP, Keb mengatakan, saat ini sebagian penderita DBD dari Desa Karang Tinggi itu dirawat di RSUD Benteng. “Sebagian penderita masih ditangani oleh medis di RSUD Benteng,” terang Juliyanti disela-sela kesibukannya di lokasi fogging.

Pelaksaaan fogging ini secara swadaya dari masyarakat dan puskesmas. Dusun di Desa Karang Tinggi semua termasuk dalam titik rawan DBD saat ini. Apalagi DBD sudah menyerang semua kelompok umur. “Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa,” ujarnya.

Sementara itu, Plt. Kades Karang Tinggi, Toni Apriadi mengatakan warga swadaya melakukan fogging bersama Puskesmas. Karena mendapatkan informasi anggaran fogging di Dinas Kesehatan Benteng minim. Antisipasi semakin banyak korban, fogging segera dilakukan, meskipun harus mengeluarkan biaya sendiri. Untuk bantuan dari Dinkes melalui Puskesmas. Terutama bantuan obat dan mesin fogging. Sedangkan untuk operasional fogging, seperti BBM murni swadaya masyarakat.

“Termasuk juga honor untuk petugas fogging dananya dari kerjasama Puskesmas dan masyarakat,” ujarnya.

Toni berharap, kejadian ini bisa diperhatikan juga oleh pihak terkait. Karena, jumlah warga desanya mencapai 1.600 orang rawan terjangkit DBD. Apalagi penderita DBD dari Karang Tinggi bertambah.

Camat Karang Tinggi, Ferry Aprianto S.Sos  ikut melakukan fogging bersama warga. Dia berharap ada perhatian terutama untuk memutus mata rantai perkembangbiakan nyamuk. Apalagi korban terus bertambah, harus secepatnya dicegah. “Jangan sampai korban bertambah lagi,” jelas Ferry.(vla)

Berita Lainnya

9 September Dewan Dilantik

BENTENG – Komisi pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Benteng, Senin(22/7) menetapkan 25 anggota caleg DPRD Benteng ...

error: Content is protected !!