Selasa , 23 April 2019
Home / Metropolis / Lokasi Titik Proyek Lampu Jalan Masih Buram

Lokasi Titik Proyek Lampu Jalan Masih Buram

BENGKULU – Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) akan memasang lampu jalan se-Kota Bengkulu dengan total anggaran Rp 70 miliar dari dana pinjaman Sarana Multi Infrastuktur (SMI) kembali dipertanyakan kalangan DPRD Kota. Pasalnya hingga Senin (25/3), titik lokasi pemasangan tersebut belum disampaikan Pemerintah Kota (Pemkot) ke DPRD Kota alias masih buram.

“Sejauh ini kami belum mengetahui titik lampu jalan yang akan dikerjakan itu dimana saja lokasi titik pemasangannya? Kita juga berhak tahu pengerjaan proyek itu di lokasi mana saja. Sementara sekarang sudah masuk bulan Maret, kapan lagi waktunya mau disampaikan,” tukas Anggota Komisi II DPRD Kota, Heri Ifzan, SE, Senin (25/3).

Selain itu, menurut Heri, seharusnya Dinas Perhubungan menyampaikan secara rinci data konkret terkait  pengerjaan proyek lampu jalan kota tersebut  ke DPRD Kota. Pasalnya data tersebut sangat penting untuk keterbukaan publik. “Sebab kita menginginkan jangan sampai pengerjaan proyek lampu jalan itu asal-asalan. Apalagi proyek lampu jalan itu anggarannya sangat besar jumlahnya ada puluhan miliaran. Jadi perlu pengawasan ketat di lapangan,” ujarnya.

Heri juga mengatakan, tujuan utama dianggarkannya proyek lampu jalan itu melihat kondisi beberapa titik wilayah Kota Bengkulu memerlukan lampu jalan untuk menghindari tindakan aksi kriminalitas yang seringkali terjadi akibat gelapnya lingkungan sekitar.

“Yang jelas masalah proyek lampu jalan ini kita juga akan agendakan melakukan pemanggilan pihak terkait, untuk mempertanyakan sejauh mana progress proyek yang akan dikerjakan itu,” tuturnya.

Senada disampaikan Anggota Banggar DPRD Kota, Suimi Fales, pihaknya akan mengawasi ketat penggunaan dana Rp 70 miliar untuk pemasangan dan perbaikan lampu jalan se-Kota Bengkulu.  “Karena anggaran yang diperuntukkan itu sangat besar, maka kita akan ketat mengawasi peruntukkan dana tersebut. Sebab jangan sampai nantinya tidak sesuai dengan perencanaan,” jelas Suimi.

Suimi menambahkan, sebagai warga Kota Bengkulu harapannya tidak ada lagi lampu jalan yang mati ataupun rusak. Apalagi masyarakat selalu rutin membayar pajaknya.

“Maka dari itu kita dana sebesar itu dialokasikan untuk perbaikan atau pemasangan lampu jalan baru seluruh lampu jalan yang ada di Kota Bengkulu ini. Sebab kota ini merupakan ibu kota provinsi, jadi suasana kota harus terang benderang seperti kota-kota besar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota, Drs. Bardin belum bisa ditemui. Dihubungi beberapa kali ponsel pribadinya tidak aktif. (new)

Berita Lainnya

Honorer Pemprov Dapat THR

BENGKULU – Sama dengan PNS, honorer Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tahun ini juga mendapatkan Tunjangan ...

error: Content is protected !!