Kamis , 25 April 2019
Home / Metropolis / Lomba Kadarkum, Tingkatkan Pemahaman Hukum Masyarakat

Lomba Kadarkum, Tingkatkan Pemahaman Hukum Masyarakat

JUARA: Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Provinsi Bengkulu di Grage Hotel Bengkulu, Senin (25/3) dimenangkan oleh tim dari Kabupaten Seluma. (foto: bayu/rb)

BENGKULU – Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) tingkat Provinsi Bengkulu kembali dilaksanakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Provinsi Bengkulu. Kegiatan sukses digelar di Grage Hotel Bengkulu, Senin (25/3). Melalui lomba ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai hukum.

Dalam lomba ini Kabupaten Seluma yang terdiri dari 5 anggota yakni Haris, Riduan, Leni, Erni dan Septi berhasil meraih juara satu. Tim ini akan mewakili Provinsi Bengkulu dalam Lomba Kadarkum tingkat nasional tahun 2020 mendatang.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum Kanwil Kemenkum HAM Provinsi Bengkulu, Siti Cholistianingsih, SH, MH mengatakan, dengan terpilihnya Kabupaten Seluma sebagai juara satu dalam lomba Kadarkum 2019, maka mereka harus siap mewakili Provinsi Bengkulu di tingkat nasional. “Saya harap para peserta baik yang telah menjadi juara maupun yang belum, agar terus belajar untuk meningkatkan ilmunya,” ungkapnya.

Lomba Kadarkum adalah suatu sarana untuk memilih kelompok Kadarkum yang berprestasi dalam pemahaman hukum. Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat agar dapat lebih mengetahui, memahami serta mentaati setiap peraturan hukum yang berlaku dan mengimplementasikannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Nah, salah satunya yakni melalui lomba Kadarkum ini,” jelasnya.

Koordinator Tim Kabupaten Seluma, M. Alvin Azhari (32) mengatakan, dengan berhasilnya Kabupaten Seluma menyabet juara pertama lomba Kadarkum pada Tingkat Provinsi Bengkulu, pihaknya akan melakukan berbagai persiapan. Terutama untuk mematangkan materi yang akan dibawa untuk mewakili Bengkulu di lomba Kadarkum Tingkat Nasional 2020 mendatang. “Tentunya kita akan mempersiapkan tim kita jauh lebih baik lagi dari sebelumnya, karena nanti kita akan bersaing dengan tim-tim dari berbagai provinsi se-Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, persiapan yang akan dilakukan pihaknya adalah selain mempelajari dan memamahami undang-undang yang tentu akan menjadi materi dalam lomba, pihaknya juga akan melakukan berbagai latihan, supaya tim jauh lebih siap menghadapi lomba di tingkat nasional. “Kita berharap pada lomba Kadarkum tingkat nasional tahun 2020 mendatang, tim kita bisa mengharumkan nama Provinsi Bengkulu di tingkat nasional,” tuturnya.

Lomba Kadarkum kemarin (25/3) diikuti oleh 10 tim yang diwakili oleh setiap kabupaten maupun kota yang telah melalui seleksi. Dimulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten untuk menjadi pemenang pada tingkat provinsi agar bisa menjadi perwakilan lomba Kadarkum tingkat nasional tahun 2020 mendatang. Dalam babak final, Kabupaten Seluma berhasil menempati posisi pertama diikuti Kabupaten Bengkulu Tengah sebagai juara 2, serta Kabupaten Rejang Lebong berada di peringkat ke tiga. (cw2)

Berita Lainnya

Jelang Mutasi, Pejabat Pemkot Dikumpulkan

BENGKULU – Secara mendadak Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon, MPd Rabu (24/4) pagi memanggil ...

error: Content is protected !!