Rabu , 24 April 2019
Home / Metropolis / Pansel Gali Pemikiran Calon Pejabat

Pansel Gali Pemikiran Calon Pejabat

Ridwan Nurazi

BENGKULU – Wawancara akhir tahapan Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Siska JPTP) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dimulai, Senin (25/3). Ada 79 calon pejabat yang bisa ikut ambil bagian dalam tahapan ini. Lalu nantinya akan dipilih oleh Pansel 3 nama setiap formasi jabatan.

Dikatakan Ketua Pansel yang baru, Dr. Ridwan Nurazi, SE, M.Sc, tahapan wawancara akhir diagendakan 25-28 Maret. Dilaksanakan di Ruang Pola Provinsi Bengkulu. Agenda ini merupakan tahapan akhir dari seluruh rangkaian seleksi terbuka JPTP di lingkungan Pemprov Bengkulu. Pada tahapan akhir ini, Pansel menggali lebih dalam lagi pemikiran-pemikiran peserta wawancara bila nanti terpilih menduduki jabatan yang dilamarnya.

“Pemikiran mereka kalau nanti mengisi jabatan sesuai dengan yang mereka tuju, itu yang kita gali dan dalami lagi. Sehingga kita bisa memperolah ASN yang Insya Allah tepat nantinya,” kata Rektor Universitas Bengkulu (Unib) ini, Senin (25/3).

Menurutnya, semua peserta wawancara akhir berpeluang untuk terpilih sebagai 3 besar yang nantinya akan diserahkan kepada pengguna dalam hal ini Gubernur Bengkulu. Tiga besar ini diperoleh dari hasil keseluruhan proses seleksi yang sudah mereka lewati mulai dari penulisan makalah, assessment, dan hasil wawancara dengan Pansel. Kriteria lainnya, bisa bekerja sama dengan gubernur.

Ditargetkan akhir Maret atau paling lambat awal April, tiga nama sudah disampaikan Pansel kepada Gubernur Bengkulu. “Masing-masing ada skor nilainya, nanti akan ketemu 3 besar yang nantinya akan ditentukan pengguna dalam hal ini gubernur,” terangnya.

Sementara untuk uji publik terhadap 3 nama yang terpilih, sambung Ridwan, tidak tertuang dalam tahapan. Hanya saja bagi masyarakat yang mengetahui sesuatu hal ditenggarai ada masalah terkait calon pejabat tersebut, maka bisa melaporkan langsung. Nantinya, dari laporan itu bisa dilakukan uji publik terhadap calon pejabat diduga bermasalah.

“Proses ini dilaksanakan untuk memperoleh yang terbaik. Sehingga yang terbaik inilah bisa membangun Pemprov dan Bengkulu secara umum,” jelasnya.

Kepala Badan Kepegawaian  Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu yang juga anggota Pansel, Diah Irianti mengakui, pelaksanaan wawancara akhir sedikit molor dari agenda yang sudah disusun sebelumnya. Namun hal ini tidak menjadi penghambat bagi Pansel untuk menyelesaikan seluruh tahapan seleksi. Tetap ditargetkan pada April mendatang sudah ada pejabat terpilih yang dilantik untuk menduduki jabatan kosong.

“Iya penyampaian ke gubernur yang kita agendakan awal tanggal 27 Maret belum jadi karena tanggal 27 saja kita masih wawancara. Molor sedikit dari agenda awal,” jelas Diah.

Pantauan RB, wawancara dilakukan secara tertutup dan peserta bergiliran sesuai jadwal satu persatu masuk ke ruangan. Sebagaimana diketahui, dari 79 peserta lelang yang tersisa itu ada 4 calon Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Kemudian formasi jabatan Kepala Satpol PP tinggal 5 orang, Kepala Dinas Perhubungan bersisa 5 orang, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Bengkulu bersisa 5 orang, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang bersisa 4 orang, Kepala Dinas Pariwisata tinggal 5 orang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan 5 orang, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah sebanyak 5 orang.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik bersisa 4 orang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan 5 orang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan bersisa 4 orang, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat bersisa 6 orang, Kepala Biro Hukum sebanyak 4 orang, Kepala Bappeda sebanyak 5 orang, kepala BPSDM 5 orang, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) bersisa 4 orang, serta Kepala Badan Kesbangpol bersisa 5 orang.  (key)

Berita Lainnya

Penetapan 1 Ramadan, Kemenag Tunggu Rukyatul Hilal

BENGKULU– Muhamadiyah sudah menetapkan jika 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan 6 Mei 2019. Namun ...

error: Content is protected !!