Kamis , 25 April 2019
Home / Metropolis / Terima Bantuan Bekerja

Terima Bantuan Bekerja

Majestika

BENGKULU –  Dalam memberdayakan masyarakat miskin, pemerintah meluncurkan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).  Tahun ini, dua kabupaten di Provinsi Bengkulu mendapatkan bantuan dari program Kementerian Pertanian (Kementan). Dua kabupaten tersebut yakni Kaur dan Lebong.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, Majestika menjelaskan, bantuan tersebut diperuntukkan bagi Rumah Tangga Miskin Petani (RTMP). Nantinya, penerima bantuan akan mendapatkan bibit ayam unggul yakni berupa ayam kampung, ayam potong serta ayam petelur.  Tak hanya itu, bantuan yang diberikan juga berupa pakan ternak, vaksin dan kandang untuk para penerima bantuan memelihara ayamnya.

“Tahun ini dua kabupaten yang menerimanya, bantuan tersebut selain untuk pendapatan juga bisa untuk dikonsumsi oleh para penerima bantuan,” jelasnya pada RB, Senin (25/3).

Ia menambahkan, untuk mempersiapkan pemberian program bantuan tersebut, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi terhadap data masyarakat yang termasuk dalam Rumah Tangga Miskin. Datanya sendiri sudah  ditetapkan oleh Kementan. Sumber datanya berasal dari Kementerian Sosial pada akhir 2018 lalu. “Sehingga, pada tahun ini akan diverifikasi kembali apakah memang berhak mendapatkan bantuan,” katanya.

Dijelaskan, untuk tim yang akan memverifikasinya langsung oleh Dinas Sosial kabupaten. Tentunya juga berkoordinasi dengan provinsi.  Nantinya sebanyak 7.936 RTMP dari dua kabupaten akan menerima bantuan program Bekerja tersebut. Setelah dilakukan verifikasi, maka data penerima yang berhak mendapat bantuan, selanjutnya akan diserahkan kepada kementerian.

“Data tersebut berasal dari pusat langsung yang saat ini sedang diverifikasi, sebanyak 7.936 RTMP yang akan menerima bantuan dari program Kementan,” ujarnya.

Ia berharap kepada para penerima bantuan untuk dapat mengunakan sebaik mungkin, sehingga dapat memberikan manfaat serta dapat mengentaskan ataupun menurunkan kemiskinan. Penurunan angka kemiskinan tersebut dalam arti jumlah orang yang diturunkan bukan persentasenya. “Kami berharap program ini benar-benar dapat menyentuh langsung perekonomian masyarakat sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan ,” tutupnya. (cw1)

Berita Lainnya

Pemprov Kaji Peluang Rekrut CPNS dan PPK

BENGKULU – Pemprov Bengkulu mengkaji kemungkinan untuk merekrut calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ...

error: Content is protected !!