Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 51 CPNS Belum Bertugas di Puskesmas

51 CPNS Belum Bertugas di Puskesmas

DIORIENTASI: Puluhan CPNS yang bertugas dibawah naungan Dinas Kesehatan (Dinkes) harus menjalani masa orientasi tugas. (foto : peri/rb)

MUKOMUKO – Ada 51 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kesehatan, hingga Selasa (26/3) belum juga bertugas di sejumlah Puskesmas di Kabupaten Mukomuko. Padahal mereka sudah menerima SK SK sejak Sabtu (23/3) lalu. Mereka masih terlihat berkantor di Dinas Kesehatan (Dinkes) Mukomuko, yang notabenenya OPD yang menaungi seluruh Puskesmas. Sekretaris Dinkes Mukomuko Bustam Bustomi, SKM mengatakan, memang mereka belum ditugaskan di puskesmas penempatan mereka. Karena harus menjalani semacam masa orientasi terlebih dulu. Tujuannya, agar mengetahui tugas pokok dan fungsinya (Tupoksinya) serta mengetahui jalur koordinasi dan birokrasi. Khususnya antara Puskesmas dengan OPD Dinkes.

“CPNS itu memang belum kita tugaskan ke Puskesmas. Kita beri pemahaman dulu, terkait tugas dan kewajibannya sebagai ASN,” kata Sekretaris.

Mereka akan menjalani masa itu hingga empat hari kedepan. Supaya nanti mereka tidak bingung menjalankan kewajibannya, dan mengetahui apa-apa saja yang menjadi haknya selaku ASN. “Sekalian juga berkenalan dengan orang-orang yang ada di Dinas,” imbuhnya.

Ini sengaja dilakukan Dinkes, karena belajar dari pengalaman sebelumnya. Dimana CPNS yang bertugas di Puskesmas bingung menjalankan tugasnya masing-masing. “Dengan orientasi ini, bisa saling kenal dulu. Kalau ada urusan atau nanti ditugaskan ke Dinkes, CPNS ini sudah tahu, urusan ini di situ, urusan itu di sini,” terangnya.

Puluhan CPNS tersebut langsung dibimbing oleh seniornya, yang sudah lama berkecimpung di birokrasi pemerintahan. Setelah mengikuti masa orientasi, maka 51 CPNS itu akan langsung menjalankan tugas di tempat kerja masing-masing.

“Dari 51 CPNS di bawah naungan Dinkes ini, dokter umum sebanyak 8 orang, dokter gigi 4 orang, S1 kesehatan masyarakat 11 orang. Kemudian D.III kesehatan lingkungan 6 orang, D.III gizi 7 orang, D.III farmasi 6 orang, D.III perawat 4 orang, D.III Kebidanan 2 orang, dan D.III Analis Kesehatan 3 orang,” tutupnya. (hue)

Berita Lainnya

Akhir April, TPG Cair

MUKOMUKO – Lebih dari 800 guru yang menanti pembayaran Tunjangan Profesi Guru (TPG) di triwulan ...

error: Content is protected !!