Jumat , 21 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Bawaslu Ingatkan Reses Bukan Ajang Berkampanye

Bawaslu Ingatkan Reses Bukan Ajang Berkampanye

KEPAHIANG – Masa reses anggota DPRD Kabupaten Kepahiang sebentar lagi akan dimulai, dari 25 anggota DPRD Kabupaten Kepahiang sebanyak 24 dewan kembali akan mencalonkan diri pada Pemilu 2019 mendatang. Untuk itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepahiang mengimbau kepada seluruh anggota dewan agar tidak memanfaatkan momentum reses sebagai momentum kampanye.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang Risman Sudarsono, SE mengungkapkan meskipun tak ada pengawasan khusus, namun pihaknya akan tetap melakukan pemantauan atas setiap kegiatan reses anggota dewan. Pengawasan tersebut nantinya tetap akan melibatkan jajaran pengawas pemilu baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa.

“Reses merupakan agenda dari anggota DPRD dan bertujuan untuk menampung aspirasi para konstituennya. Namun jelang pemilu ini, mayoritas anggota DPRD Kabupaten Kepahiang bakal kembali mencalonkan diri, sehingga sangat rawan kegiatan reses dijadikan ajang kampanye. Hal ini yang kita akan lakukan pengawasan, resesnya ya reses dan kampanye ya kampanye,” tegas Rusman.

Menurut Rusman, reses merupakan kegiatan dengan pembiayaan yang dibiayai negara. Oleh karena hal tersebutlah, reses tidak dibenarkan senagai ajang berkampanye. “Kalau konteksnya menjaring aspirasi masyarakat itu sah sah saja, namun jika menyampaikan hal yang sifatnya berkampanye maka akan menjadi temuan bagi kita dan tentunya akan diproses,” sampai Rusman.

Lebih lanjut Rusman juga menyampaikan agenda reses bukanlah kegiatan yang harus melalui tahapan melapor kepada Bawaslu, kendati saat ini adalah masa kampanye. “Tetap ada anggota kita yang turun mengawasi, tujuannya untuk melakukan pemantauan agar tidak ada penyalahgunaan jadwal reses untuk kampanye,” pungkas Rusman. (sly)

Berita Lainnya

Jelang Lelang Jabatan, 4 Kadis Dimutasi

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU, siang tadi kembali melakukan mutasi ...

error: Content is protected !!