Rabu , 26 Juni 2019
Home / Metropolis / Jabatan Eselon II Segera Dilelang

Jabatan Eselon II Segera Dilelang

Jabatan Kosong

BENGKULU – Pasca dilakukan mutasi perdana, sejumlah posisi jabatan eselon II di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tercatat ada lima yang kosong. Yakni posisi Kepala Dinas PUPR Kota, Sekretaris DPRD, Kepala Bapelitbang, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian, serta posisi Kepala Inspektorat.

“Untuk jabatan yang kosong memang harus segera diisi. Namun belum sekarang (lelang jabatan). Kita persiapkan dulu rencana perekrutannya nanti nunggu waktu yang indah,” seloroh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon.

Menurut Marjon, perekrutan jabatan eselon II yang kosong tersebut ada dua opsi nantinya bisa berlaku khusus untuk kota atau menjaring perekrutan mencakup provinsi skala nasional. “Jadi nanti kita lihat semuanya tergantung kebutuhan kita. Yang jelas kita nanti akan tetap mengacu pada aturan berlaku (proses lelang jabatan),” imbuhnya.

Terkait soal mutasi lanjutan, Marjon menyebutkan itu hanyalah merupakan kebutuhan organisasi saja. Ia mengatakan, bahwa mutasi terjadi itu bagian dari evaluasi para pejabat di masing-masing OPD. “Mutasi itu ketika memang kinerja pejabat OPD tidak sesuai target yang diharapkan maka kita perbarui. Jadi bisa saja mutasi atau rotasi maka dari itu dilihat dari kinerjanya. Selain itu ada pejabat OPD yang tidak bergerak artinya kinerjanya bagus. Atau ada jabatan yang kosong jadi maka dimutasi,” terang Marjon.

Sementara itu isu mutasi lanjutan kembali merebak saat ini, sebagian pejabat mulai tidak konsentrasi lagi dalam pekerjaannya dan tidak optimal dalam melaksanakan pekerjaannya. Bahkan sejumlah pejabat kota mengaku juga bingung melakukan pekerjaannya yang seharusnya sudah dikerjakan saat ini.

“Kalau kita khawatirnya mutasi dilakukan mendadak. Sebab ini baru awal tahun sedang sibuk kerja untuk program awal tahun. Jadi kalau mendadak repot juga nanti kalau ada pergantian posisi jabataan,” cetus salah satu pejabat pemkot yang mewanti-wanti enggan dituliskan namanya ini.

Bahkan beberapa camat dan lurah dikabarkan akan dimutasi, untuk nama-namanya masih dirahasiakan oleh tim baperjakat Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu. Sementara beberapa pejabat yang akan terkena mutasi roling jabatan, seperti yang mencuat di kalangan pejabat pemkot adalah Kepala Dinas Pariwisata Kota Syarifuddin, akan diroling dengan Staf Ahli Walikota Tony Elfian, lalu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Eddyson akan diroling Staf Ahli Walikota Hilman Fuadi.

Kemudian Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Syanurbi akan diroling dengan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Herman.  Termasuk Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) kota Drs. Bardin kabarnya akan diganti dengan pejabat dari luar daerah Kota Bengkulu yang namanya masih dirahasiakan.

Terkait rencana mutasi lanjutan, Sekretaris Komisi I DPRD Kota Hamsi, AMd berharap Pemkot harus benar-benar selektif dan transparan. Bukan karena mutasi lantaran ada indikasi suka atau tidak suka. Namun harus berdasarkan penilaian kinerja pejabat bersangkutan.

“Mutasi memang hak progratif kepala daerah. Namun disisi lain kenapa hasil fit and propertest pejabat beberapa waktu lalu tidak diumumkan ke publik? Padahal transparansi hasil penilaian itu sangat penting sebagai bahan evaluasi bersama. Termasuk juga dalam penempatan pejabat harus benar-benar selektif. Apalagi kalau yang akan dimutasikan itu banyak,” terang Hamsi. (new)

Berita Lainnya

Gelombang Tinggi Hantam Laut Bengkulu

BENGKULU – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Pulau Baai Bengkulu kembali merilis ...

error: Content is protected !!