Selasa , 23 Juli 2019
Home / Metropolis / Pedagang PTM Dilarang Pakai Genset

Pedagang PTM Dilarang Pakai Genset

PASAR: Pengelola PTM mengeluarkan kebijakan kepada seluruh pedagang, agar tidak menggunakan genset. (foto: yudi/rb)

BENGKULU – Pasca tragedi kebakaran yang menghanguskan sebagian besar kios Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu akhir tahun lalu, pengelola PTM langsung mengeluarkan kebijakan baru. Dimana seluruh pedagang PTM dilarang menggunakan genset.

Pengelola PTM Zulkifli Ishak mengatakan penyebab utama kejadian kebakaran beberapa waktu lalu adalah para pedagang yang banyak menggunakan ataupun menyediakan genset. Dengan banyaknya genset mengakibatkan saat ada percikan api, membuat kobaran api menjadi cepat menyambar karena genset berbahan bakar bensin.

“Kami mengeluarkan peraturan yang mana para pedagang tidak boleh lagi menyediakan genset di setiap kiosnya,” lanjutnya.

Ia menuturkan, langkah selanjutnya yang diambil pihak pengelola untuk menjaga kenyamanan pedagang adalah bekerja sama dengan PLN sehingga nantinya PTM menerapkan sistem kelistrikan yang mengacu pada listrik premium. Dengan menggunakan listrik premium dapat menghindari listrik padam apabila ada kerusakan maupun gangguan.

“Untuk kedepannya kami akan bekerja sama dengan PLN agar sistem kelistrikan yang ada di PTM beralih dan  mengacu pada sistem premium agar tidak ada lagi mati lampu,”jelasnya.

Saat ini pihaknya sudah kontrak kerja sama dengan PLN untuk pemasangan sistem listrik premium. Sistem listrik premium tersebut sudah mulai berlaku mulai 1 April mendatang. Sementara itu, nantinya akan ada biaya tambahan peralihan sistem kelistrikan tersebut. Yakni tambahan biaya sekitar Rp 1,5 juta saja. Untuk sementara ini, tambahan biaya tersebut akan ditanggung pihak pengelola dulu seperti penyediaan kios untuk penampungan sementara yang  gratis sampai ekonomi pedagang membaik.

“Tambahan biaya Rp 1,5 juta, akan dibagi tergantung jumlah kiosnya, sementara ini tidak pungut biaya dulu,”pungkasnya. (cw1)

Berita Lainnya

2.500 Alat Tangkap Baby Lobster Dimusnahkan

BENGKULU – Sebelumnya, Lanal Bengkulu dan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan ...

error: Content is protected !!