Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Terkendala APBDes, Belum Dana Desa Tak Bisa Dicairkan

Terkendala APBDes, Belum Dana Desa Tak Bisa Dicairkan

ARGA MAKMUR – Meskipun Dana Desa  yang bersumber dari APBN sudah masuk ke kas daerah sejak sebulan lalu. Hingga kini belum ada desa yang mencairkan Dana Desa tahap I apalagi memulai pekerjaan.  Apalagi  tinggal menghitung hari lagi akan memasuki bulan ke empat tahun 2019.  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Ir. Budi Sampurno menuturkan jika baru empat desa yang mengajukan pencairan dana ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).  Sedangkan 211 desa lainnya masih dalam tahap penuntasan APBDes.

“Namun tidak ada kendala lagi di Pemkab. Karena Perbup terkait penyaluran Dana Desa  dan program yang akan masuk sudah kita buat sejak awal tahun lalu. Dana Desa juga sudah masuk sejak sebulan lalu di kas daerah,” terangnya.

Keterlambatan ini terjadi di desa terkait peyusunan APBDes. Desa masih harus menunggu gambar pembuatan pembangunan fisik yang direncanakan dan membuat rencana anggaran biaya yang memakan waktu sehingga membuat terlambatnya pengajuan pencairan.  “Namun awal bulan depan sudah akan banyak yang mencairkan. Kini sebagian besar pengajuan sudah ada di kecamatan masing-masing utnuk dilakukan verifikasi,” terangnya.

Meskipun pemerintah pusat berharap tahun ini desa mulai fokus pada pegembangan BUMdes, namun sepertinya belum berlaku di Bengkulu Utara. Pasalnya desa-desa masih fokus pada pembanguan fisik terutama gedung PAUD berikut fasilitasnya dan pembanguann jalan pertanian atau perkebunan. “Saya lihat memag masih banyak jalan, terutama rabat beton dan bangunan gedung,” pungkasnya. (qia)

Berita Lainnya

APBD Bengkulu Utara Habis Untuk Bayar Gaji Pegawai

ARGA MAKMUR – Minimnya APBD Bengkulu Utara yang hanya Rp 1,2 triliun tentunya menjadi sulit ...

error: Content is protected !!