Rabu , 24 April 2019
Home / Metropolis / Unib Bakal Terima 5.250 Mahasiswa

Unib Bakal Terima 5.250 Mahasiswa

 BENGKULU – Penerimaan mahasiswa baru tahun ini mengalami perubahan. Perubahan tersebut tak hanya penyelenggara tapi juga jenis tesnya yang mana pada tahun sebelumnya tes masuk PTN dilaksanakan oleh Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri atau Panpus SNPMBPTN.

Namun tahun ini proses penerimaan akan dilaksanakan oleh institusi bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).  Adapun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negara (SBMPTN) tahun ini menggunakan metode tes  Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Kordinator Humas UTBK SBMPTN Universitas Bengkulu (Unib), Alimansyah, S.I.P MPA menjelaskan penerimaan mahasiswa baru di Unib memiliki 3 jalur. Yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), SBMPTN serta Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Tahun ini, Unib akan menerima 4.650 mahasiswa baru untuk kuota S1. Kuota itu dibagi menjadi 3 yakni 20 persen diterima melalui SNMPTN, 50 persen diterima melalui SBMPTN dan 30 persen melalui jalur mandiri. Untuk Program S1 sendiri memilikiJumlah 8 Fakultas dengan 81 prodi. Sedangkan untuk program Diploma Unib menerima sebanyak 600 mahasiswa yang akan dibuka melalui tes secara mandiri langsung dari Unib.

Untuk Diploma sendiri ada 11 prodi di UNIB.  “Yang SNMPTN kan sudah sekarang kita sedang persiapan untuk SBMPTN yang mana berbeda dari tahun-tahun sebelumnya,” tuturnya. Ia menyatakan bahwa SBMPTN nanti tidak ada lagi tes karena sistemnya berubah yang mana sudah perangkingan nilai hasil dari UTBK. Saat ini UTBK sudah memasuki gelombang kedua untuk pendaftaran yang mana pada gelombang 1 kemarin sudah ada sebanyak 6400 peserta yang mendaftar dan gelombang kedua baru dibuka kemarin (25/3) dan akan berakhir pada 1 april mendatang.

Hingga saat ini sudah ada sebanyak 7000 peserta yang sudah mendaftar. Nantinya bagi peserta yang sudah mendaftar akan melaksanakan tes UTBK pada tanggal 13 april sampai 26 Mei. Tes UTBK sendiri hanya dilaksanakan satu hari saja untuk para peserta dan hari pelaksanaan tesnya dapat dipilih peserta yang mana tanggal tesnya yaitu pada gelombang pertama yakni 13,14,27,28 april dan 4 Mei sedangkan gelombang kedua pada 11,12,18,25 dan 26 Mei mendatang. Untuk itu ia menghimbau calon mahasiswa baru untuk segera mendaftarkan diri bagi yang belum mendaftar karena kursi terbatas dan kalau habis tidak bisa mengikutinya di Bengkulu.

“Segera daftar, pendaftaran gelombang kedua waktunya sempit yang akan berakhir 1 april nanti, segera mendaftar karena kursi yang tersedia untuk tes terbatas, kalau habis tidak bisa tes dibengkulu dan hanya bisa mengikuti di tempat tes lainnya yang masih ada kursi kosongnya,” jelasnya.(cw1)

Berita Lainnya

Penetapan 1 Ramadan, Kemenag Tunggu Rukyatul Hilal

BENGKULU– Muhamadiyah sudah menetapkan jika 1 Ramadhan 1440 Hijriah bertepatan dengan 6 Mei 2019. Namun ...

error: Content is protected !!