Jumat , 18 Oktober 2019
Home / Pemilu / 11 April Logistik Didistribusikan

11 April Logistik Didistribusikan

ALAT SEADANYA: Komisioner KPU Seluma, Divisi Hukum, Nazirwan terlihat mengangkut surat suara dengan menggunakan kursi dari gudang ke aula KPU. (foto: yayan/rb)

SELUMA – KPU Seluma menjadwalkan pendistribusian logistik pemilu 11 April mendatang. Saat ini KPU masih melakukan penyusunan atau pengepakan surat suara yang nantinya akan didistribusikan bersama logistik pemilu lainnya.

“Surat suara ini langsung kita bagi per TPS sesuai DPT. Untuk pendistribusiannya kita mulai 11 April dengan mendahulukan daerah pedalaman yang medannya sulit dijangkau,” terang Ketua KPU Seluma, Sarjan Efendi, SE, Rabu (27/3).

Dijelaskan Sarjan, alur pendistribusian logistik ini nanti dari Sekretariat KPU Seluma langsung ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Setelah itu PPK akan langsung menyalurkan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan. Kemudian nantinya dari PPS disalurkan ke Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Penyaluran logistik ini akan dikawal ketat petugas kepolisian, hingga nantinya sampai ke KPPS,” jelas Sarjan.

Sarjan menambahkan, KPU mengalami kendala dalam pendistribusian logistik di daerah pedalaman. Karena untuk masuk ke daerah tersebut tidak bisa menggunakan mobil biasa, karena buruknya akses jalan. “Memang beberapa waktu lalu saya telah sampaikan pada pak sekda. Kami minta pinjam pakai mobil dobel gardan untuk pendistribusian logistik pemilu,” kata Sarjan.

Pantauan RB, dalam melakukan pengepakan surat suara ini dilakukan sendiri oleh Komisioner KPU Seluma dengan melibatkan semua PNS KPU bertempat di aula KPU Seluma. Walaupun minim peralatan, terlihat proses pengepakan surat suara berjalan lancar. Ditargetkan pengepakan ini akan diselesaikan sebelum 10 April mendatang.

 

Polres Gelar Istighosah

Polres Seluma menggelar istighosah kubro di halaman Mapolres Seluma, Rabu (27/3). Istghosah dengan mendatangkan langsung Dr. KH. Abbas Fu’ad Hasyim dari Cirebon, Provinsi Jawa Barat yang dihadiri ribuan masyarakat Seluma dari berbagai elemen.

Dalam ceramahnya, KH Abbas Fu’ad Hasyim mengatakan menjelang pelaksanaan pemilu harus diciptakan suasana yang aman dan nyaman. Semua harus dalam satu komando yakni NKRI. “Meskipun berbeda pilihan, tapi kita semua harus tetap damai, demi persatuan dan kesatuan,” pesannya.

Lanjut Abbas, masyarakat bersama dengan aparat kepolisian harus bersinergi untuk menjaga kamtibmas, khususnya di Kabupaten Seluma. Sehingga tercipta pemilu yang aman, sejuk dan damai. “Menjaga kamtibmas bukan hanya dibebankan pada kepolisian. Masyarakat mempunyai andil besar dalam menciptakan dan menjaga kamtibmas,” papar Abbas.

Kapolres Seluma, AKBP. I Nyoman Merthadana, S.IK menyampaikan istighosah ini dilakukan untuk memohon agar Kabupaten Seluma dijauhkan dari kerusuhan terutama saat pemilu 17 April mendatang. Selain itu, Nyoman mengatakan agar masyarakat tidak menyebar informasi hoax yang hanya akan memperkeruh suasana.

Tambah Nyoman, jika nantinya ada oknum yang ingin mengacaukan suasana pemilu di Kabupaten Seluma, pihaknya akan melakukan tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku. “Saya sudah perintahkan semua polsek jajaran untuk menindak tegas semua oknum yang ingin mengacaukan pemilu,” terangnya.(aba)

Berita Lainnya

Badan Pengawas Pemilu Siap Hadapi Gugatan

SELUMA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Seluma, Yefrizal, SE mengatakan pihaknya sudah siap menghadapi ...

error: Content is protected !!