Jumat , 26 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 2 SMA UNBK di SMK

2 SMA UNBK di SMK

ARGA MAKMUR – Mulai Senin (1/4), sebanyak 1.915 siswa SMA di 18 SMA negeri dan swasta di Bengkulu Utara (BU) akan melaksanakan ujian nasional. Seluruh SMA di BU sudah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Dari 18 sekolah, hanya ada dua sekolah yang menumpang sekolah lain untuk pelaksanaan UNBK yaitu SMA PGRI dan SMAN 14 BU. Sekolah tersebut akan melaksanakan UNBK di SMKN 2 BU di Kota Arga Makmur. Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA yang juga Kepala SMAN 2 BU, Kaman, M.Pd menerangkan hanya dua sekolah yang belum memiliki fasilitas komputer yang cukup untuk pelaksanaan Unas. Sedangkan sekolah lainnya sudah melaksanakan UNBK di sekolah masing-masing. “Dua sekolah tersebut jumlah siswanya sedikit. UNBK digabungkan di SMKN 2,” katanya.

Menurutnya, 1.915 siswa yang akan mengikui UNBK sudah paham mengerjakan soal dengan komputer.

Dengan tidak ada lagi sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) maka pengawasan siswa juga lebih longgar karena soal yang masuk dalam komputer UNBK, berbeda satu sama lain. Selain itu UNBK juga mendidik siswa untuk jujur mengerjakan soal sendiri.  “Guru juga tidak lagi sibuk membagikan jawaban dan soal. Semuanya sudah terprogram di komputer. Juga tidak ada lagi persoalan kekurangan soal atau lembar jawaban saat akan mulai pelaksanaan ujian,” pungkas Kaman.

 

Tidak Ada UNBK Susulan

Hari ini terakhir pelaksanaan UNBK SMK. Dalam tiga hari pelaksanaan UNBK sejak Senin lalu, seluruh siswa yang tercatat sebagai peserta UNBK sebanyak 1.227 siswa, semua hadir mengikuti UNBK.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekoah (MKKS) SMK yang juga Kepala SMKN 2 BU, Firdaus, M.Pd menerangkan kemungkinan untuk tingkat SMK tidak akan melakukan UNBK susulan yang dijadwalkan 15 April mendatang. Ini jika seluruh siswa hari ini hadir mengikuti UNBK. “Karena UNBK susulan itu hanya untuk yang tidak hadir, bukan untuk yang nilainya rendah. Jadi besok (Hari ini, red) semua siswa hadir, maka kita tidak melaksanakan UNBK susulan,” terangnya.

Dijelaskannya, jika ada UNBK susulan akan dipusatkan di satu sekolah sehingga mudah dalam pengawasannya. Namun ia berharap semua siswa mengikuti UNBK terakhir hari ini.

Sebanyak 1.227 siswa tersebut juga sudah mengikuti UASBN. Sehingga mereka memiliki komposisi nilai yang lengkap untuk dijumlahkan sebagai nilai yang menentukan apakah para siswa luus atau tidak.(qia)

Berita Lainnya

Suara Caleg Hanya 8 Tertulis 178

AIR BESI – Pleno rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Air Besi yang digelar oleh PPK ...

error: Content is protected !!