Jumat , 26 April 2019
Home / Breaking News / Bahas Usulan Prioritas OPD                   

Bahas Usulan Prioritas OPD                   

BAHAS: ASN dari kabupaten/kota saat membahas program usulan  masing-masing daerah dalam Musrenbang Provinsi Bengkulu, Rabu (27/3). (foto: yunike/rb)

BENGKULU – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi Bengkulu masih berlanjut setelah dibuka, Selasa (26/3) oleh Gubernur Bengkulu. Pembahasan berlangsung di aula Hotel Extra selama 2 hari, mulai kemarin hingga hari ini.

Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pembangunan (Bappelitbang) Provinsi Bengkulu Dra. Hj. Noni Yuliesti, MM menerangkan pembahasan cukup memakan waktu. Karena dilakukan per OPD masing-masing, dari 10 kabupaten/kota. “Kalau masuk program prioritas pusat, provinsi, usulan dari kabupaten itu bisa kita tampung masuk dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah/RKPD tahun 2020. Itulah yang kita bahas dalam musrenbang, sinkronisasi program,” kata Noni ditemui disela kegiatan pembahasan

OPD yang hadir membahas langsung usulan prioritas dari 10 kabupten/kota ini, terangnya, seperti diantaranya ada dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata. OPD yang banyak berhubungan langsung dengan masyarakat dan masuk program prioritas Provinsi Bengkulu.

“Ada 5 program prioritas kita. Diantaranya pengentasan kemiskinan, terwujudnya komoditas unggulan dan hilirisasi, peningkatan infratruktur strategis, tata kelola pemerintahan yang bersih berbasis IT dan wonderful 2020,” beber Noni.

Sedangkan rencana kegiatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu tahun 2020 ada sekitar 138 program yang tersebar di 10 kabupaten/kota.  Bila disetujui saat pembahasan TAPD bersama DPRD Provinsi Bengkulu maka program-program tersebut akan masuk dalam APBD Provinsi Bengkulu tahun 2020. Meliputipenambahan RKB SMA, rehabilitasi sedang/berat bangunan sekolah, peningkatan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan jaringan irigasi, penanganan fakir miskin pedesaan/pekotaan/pesisir, pengadawaan hewan ternak, perbaikan dan peningkatan jalan sentra produksi. (selengkapnya lihat grafis).

“Kita juga sudah menyusun rencana kegiatan provinsi di 10 kabupaten/kota. Nanti ini juga akan disinkronkan dengan usulan dari kabupaten/kota,” terangnya.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah sebelumnya menyampaikan dalam musrenbang tingkat provinsi tidak hanya membahas tentang pemerataan pembangunan 9 kabupaten dan 1 kota yang ada di Provinsi Bengkulu akan tetapi juga pemerataan pembangunan tingkat nasional. Melalui musrenbang diharapkan ada sinkronisasi program kabupaten/kota dengan provinsi dan pusat yang nantinya akan tertuang dalam RKPD tahun 2020. Untuk terwujudnya Bengkulu maju sejahtera, bermartabat dan berdaya saing.(key)

Berita Lainnya

#Cari_aman Dulu, Baru Naik Motor

BENGKULU – #Cari_aman baru naik motor merupakan tema yang diangkat oleh Safety Riding Astra Motor ...

error: Content is protected !!