Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Bangun Pariwisata Diajukan Rp 2,03 Miliar

Bangun Pariwisata Diajukan Rp 2,03 Miliar

Yulia Reni

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko harus serius membangun pariwisata, jika ingin dunia pariwisatanya maju dan diminati wisawatan. Karena itu, untuk tahun anggaran 2020 diajukan dana APBD Mukomuko Rp 2,03 miliar.

“Kita ajukan dana sebesar itu untuk melaksanakan tiga program dan 14 kegiatan,” ujar Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko, Yulia Reni, SS.

Dikatakan Reni, tiga program dimaksud direncanakan berupa Program Pengembangan Destinasi Pariwisata. Dengan pagu dana yang diajukan Rp 1,3 miliar. Terdiri dari pembangunan sarana dan prasarana destinasi pariwisata di Danau Nibung, sebanyak Rp 375 juta. Yang kegiatannya berupa pembuatan jalur pejalan kaki, jalan dalam kawasan dan boardwalk.

Berikutnya untuk dana sharing berasa dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pariwisata Rp 500 juta. Lalu kegiatan pengembangan objek wisata unggulan Rp 100 juta. Serta kegiatan penyusunan dokumen review rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten.

“Kita juga akan kembali menyusun Rencana Induk Pengembangan Objek Wisata (RIPOW), pemeliharaan sarana dan prasarana objek pariwisata serta untuk kegiataan koordinasi dengan sektor pendukung pariwisata,” tutur Reni.

Program berikutnya yakni Program Pengembangan Pemasaran Pariwisata, Rp 450 juta. Kegiatannya berupa promosi wisata melalui lomba di objek wisata sebesar Rp 150 juta. Dan Rp 300 juta untuk kegiatan Wonderful Bengkulu 2020 berupa Festival Danau Nibung.

Lainnya, diajukan anggaran Rp 265 juta untuk Program Pengembangan Kemitraan. Diantara kegiatannya, pengembangan dan penguatan informasi dan database pariwisata, pembentukan kelompok sadar wisata, peningkatan peran serta masyarakat dalam kemitraan pariwisata dan Pembinaan Usaha Ekonomi Kreatif (PUEK).

“Kami juga mengajukan Rp 2 miliar ke Pemprov. Untuk pembuatan merk objek wisata 10 unit, pembangunan rambu-rambu penunjuk arah 1 paket, pembangunan pusat kuliner 2 unit, pemasangan lampu taman (solar cell) 30 unit, pembangunan menara pandang (viewing deck) 3 unit dan pembuatan jalur pejalan kaki/jalan dalam kawasan dan boardwalk 1 paket,” pungkas Reni.(hue)

Berita Lainnya

Mukomuko Terima Bantuan 200 PJU

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko tahun ini juga dapat bantuan Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 200 unit. ...

error: Content is protected !!