Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Kaur / Mei, 234 CPNS Kaur Terima Gaji Perdana

Mei, 234 CPNS Kaur Terima Gaji Perdana

DILANTIK: CPNS duduk rapi saat akan menerima SK dari Bupati Kaur Rabu (27/3). (foto: albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Kendati sudah mendapatkan SK yang masa terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Maret 2019, namun 234 CPNS yang baru menerima SK tanggal 26 Maret 2019 lalu, baru akan menerima gaji perdananya pada Mei mendatang. Karena saat menerima SK, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kaur telah mengajukan pembayaran gaji untuk semua PNS se Kabupaten Kaur.

Makanya pada April 2019 yang akan datang, 234 CPNS yang sudah bertugas sejak diterimanya SK tanggal 26 Maret 2019 yang lalu dipastikan belum akan menerima gaji. Kepastian ini disampaikan langsung oleh Kabid Anggaran BKD Kaur Irpilisman kepada RB Rabu (27/3).

“Kita pengajuan untuk pembayaran gaji setiap bulannya itu tanggal 20, sementara CPNS belum menerima SK. Jadi belum kita ajukan untuk bulan April gaji mereka. Dan biasanya mereka itu bertugas dulu baru nanti gajian. Makanya untuk gaji perdana CPNS Kaur itu kita pastikan akan kita bayar bulan Mei 2019,” kata Irpilisman kemarin.

Untuk gaji perda CPNS Kaur yang diangkat tahun 2019 dipastikan sudah naik 5 persen dan berdasarkan surat edaran dari Kementerian Keuangan RI nomor  SE-15/PB/2019. Tentang penyesuaian besaran gaji pokok NS. TNI dan anggota Polri RI. Berdasarkan SE tersebut besaran gaji CPNS yang saat ini rata-rata golongan III per bulannya adalah Rp 2.579.000.

Karena masih berstatus sebagai CPNS, maka 234 CPNS yang ada nantinya akan mendapatkan gaji sebesar 80 persen dari gaji yang ada. Karena gaji mereka baru akan dibayar full setelah diangkat sebagai PNS penuh nantinya. Atau paling cepat 1 tahun setelah menjabat sebagai CPNS dan paling lambat 2 tahun setelah CPNS.

“Karena TMTnya 1 Maret kita akan konsultasi dulu dengan BKD dan PSDM apakah nantinya gaji Mei akan di rapel atau tidak. Apalagi mereka CPNS ini baru terima SK itu akhir Maret 2019. Hal ini kita lakukan jangan sampai salah nantinya, jika petunjuknya jelas harus dibayar dua bulan maka akan kita bayarkan,” pungkas Kabid Anggaran BKD Kaur.

Untuk diketahui, pada tahun 2019 ini Pemkab Kaur telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 14 miliar lebih. Untuk penyesuaian gaji PNS yang terhitung April 2019 naik sebesar 5 persen. Termasuk juga dengan penambahan CPNS baru sebanyak 234 orang yang saat ini sudah mendapatkan SK dan menjalankan tugas. (cik)

Berita Lainnya

BKD dan PSDM UsulkanNIP Bidan Satu Bidan TPP

KOTA BINTUHAN – Tahun ini Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan ...

error: Content is protected !!