Rabu , 19 Juni 2019
Home / Pemilu / Siapkan 6 Lapangan Untuk Kampanye

Siapkan 6 Lapangan Untuk Kampanye

PELABAI – Guna menunjang pelaksanaan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong telah menetapkan 6 lokasi kampanye terbuka berupa lapangan bagi seluruh peserta. Enam lapangan itu tersebar di 5 kecamatan yakni Lapangan Hatta di Desa Kampung Muara Aman, Kecamatan Lebong Utara dan lapangan bola di Desa Tabeak Blau, Kecamatan Lebong Atas.

Selain itu, lapangan bola di Desa Pagar Agung, Kecamatan Lebong Tengah, lapangan bola di Desa Pungguk Pedaro, Kecamatan Bingin Kuning dan lapangan gardu pandang PLTA Tes di Kelurahan Tes, Kecamatan Lebong Selatan serta lapangan bola di Desa Kota Donok, Kecamatan Lebong Selatan.

“Lokasi kampanye itu ditentukan oleh Pemkab Lebong yang selanjutnya dikukuhkan oleh KPU melalui penerbitan SK,” kata Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, KPU Lebong, Effan Lavandes, A.Mp.

Di sisi lain, KPU Lebong juga sudah menyusun jadwal kampanye peserta pemilu. Jadwalnya, mulai 24 Maret hingga 13 April mendatang. Pada tanggal 24-25, 28-29 Maret 2019 diperuntukkan untuk pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 1 bersama partai politik (parpol) pendukung. Sementara untuk tanggal 26-27 dan 30-31 Maret diperuntukkan untuk paslon nomor urut 2 bersama parpol pendukung.

Sementara di bulan April, kampanye pertama pada tanggal 01-02, 06-07, serta 10-11 April, untuk paslon 01 dan parpol pendukung. Sementara untuk paslon 02 dan Parpol pendukung, melakukan kampanye secara terbuka dimulai pada tanggal 04-05, 08-09 dan 12-13 April 2019. “Peserta pemilu yang akan melaksanakan kampanye terbuka wajib melapor ke Polres Lebong agar jadwalnya tidak saling berbenturan. Selain itu peserta pemilu yang akan kampanye terbuka juga wajib menginformasikan ke KPU dan Bawaslu terkait jadwal kampanye terbuka,’’ tutur Effan.

Dari 16 parpol di Kabupaten Lebong, satu diantaranya dilarang melakukan aktivitas kampanye yakni Partai Garuda. Larangan itu sesuai Surat Edaran KPU RI yang tidak memberikan jatah kepada partai pendatang baru itu untuk berkampanye lantaran tidak memenuhi syarat administrasi kampanye. Partai tersebut tidak menyerahkan laporan sumbangan dana kampanye ke KPU.(sca)

Berita Lainnya

PAN Serahkan Berkas Pengganti Ahzan Yoris

SELUMA – Setelah 18 hari meninggalnya Ahzan Yoris yang merupakan calon legislatif (caleg) DPRD Seluma ...

error: Content is protected !!