Selasa , 16 Juli 2019
Home / Metropolis / Usai Pilpres, Lowongan Camat dan Lurah Dibuka

Usai Pilpres, Lowongan Camat dan Lurah Dibuka

Mardiyanti

BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Bengkulu tengah mempersiapkan seleksi lowongan posisi jabatan camat dan lurah se-Kota Bengkulu. Bahkan pelaksanaan akan dirancang usai Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang. Hal ini disampaikan Kepala BKPP Kota Bengkulu, Drs. Bujang, HR, MM kepada RB Rabu (27/3).

“Kalau untuk perekrutan seleksi lowongan jabatan camat dan lurah Insya Allah direncanakan usai Pilpres ini. Kalau saat ini kita tengah mempersiapkan terkait soal persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan nantinya masih sedang dikaji bersama,” terang Bujang.

Secara teknis pendaftaran lowongan tersebut, menurut Bujang, nantinya akan dibuka secara resmi oleh Pemerintah Kota Bengkulu termasuk pengumuman persyaratan yang harus dipenuhi peserta calon camat dan lurah.

“Secara kelengkapan administrasinya harus sesuai dengan pangkat golongannya yang didaftarkan. Setelah lengkap persyaratan administrasinya nanti, kemudian  calon peserta mengikuti tahapan proses selanjutnya. Namun secara teknis lengkapnya masih akan dibahas bersama lagi,” ungkap Bujang.

Bujang menjelaskan, bahwa rencana seleksi lurah dan camat ini tetap mengaju pada aturan yang berlaku. Namun hanya metode dan inovasinya saja yang dilakukan berbeda dengan tujuan untuk mencari lurah dan camat yang betul-betul serius bekerja untuk daerah ini.  “Meskipun nanti buka lowongan, namun hal ini tetap mengacu pada Baperjakat. Yang jelas dalam proses seleksinya nanti harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Apalagi pada prinsipnya pak walikota ingin mencari sosok lurah maupun camat yang benar-benar serius dalam bekerja,” bebernya.

Sementara itu Ketua Komisi I DPRD Kota Hj. Mardiyanti, SH mendukung penuh rencana Pemkot Bengkulu terhadap perekrutan camat dan lurah tersebut dengan sistem open rekrutmen. Sebab ia menilai dengan adanya open rekrutmen tersebut akan transparan berkaitan dengan penempatan posisi jabatan.

“Karena dengan adanya open rukretmen nantinya mendapatkan kriteria pejabat yang layak dan pantas dan benar-benar mau bekerja untuk kemajuan daerah ini. Termasuk mendukung penuh dalam menjalankan program walikota/wakil walikota. Apalagi camat dan lurah merupakan ujung tombak dari menjalankan roda pemerintahan,” tegas Mardiyanti.

Apalagi lanjut Mardiyanti, banyak laporan dari masyarakat berkaitan kinerja lurah yang selama ini kurang peka terhadap lingkungan sekitarnya. “Karena tugas lurah itu harus rutin turun ke lapangan melihat suasana lingkungan warga sekitar. Bila ada warga yang sakit atau ada persoalan dimasyarakat harus peka. Maka dari itu kita sependapat jika pemkot menyeleksi lurah pilihan yang terbaik,” bebernya.(new)

Berita Lainnya

Buat Akte Kelahiran Bisa dari Rumah

BENGKULU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kota Bengkulu saat ini sedang membangun dan menerapkan ...

error: Content is protected !!