Senin , 22 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Wing Air Dideadline Mei

Wing Air Dideadline Mei

MENDARAT: Pesawat Maskapai Penerbangan Aviastar saat ujicoba terbang ke Mukomuko. (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Maskapai Penerbangan Wings Air mendapat warning dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebagaimana ditegaskan Kepala Unit Penyelanggara Bandar Udara (UPBU) Mukomuko, A. Sofyan Rasad.

PT Wings Air hanya punya waktu hingga Mei 2019 mendatang. Jika hingga akhir Mei tidak juga melakukan penerbangan, khususnya untuk rute Bengkulu-Mukomuko dan sebaliknya, maka izin rute penerbangan tersebut akan dicabut Kemenhub.

Mereka masih punya waktu tiga bulan. Terhitung Maret, April sampai Mei. Kenapa tidak dihitung sejak Januari? Karena di Februari kemarin Wings Air ada mendarat di Mukomuko,” kata Sofyan.

Wings Air “mogok” layani penerbangan Mukomuko-Bengkulu dan sebaliknya, karena jumlah penumpang tidak memadai untuk operasional mereka. Apalagi Wings Air melayani rute ini dengan penerbangan setiap hari.

“Jadi untuk izin rute penerbangan Bengkulu–Mukomuko untuk penerbangan Wings Air sampai sekarang ini masih aktif. Kita lihat saja nanti,” tegas Sofyan.

Meski Wings Air tidak kunjung masuk, kini masyarakat Mukomuko sudah bisa terbang menggunakan pesawat lagi. Baik dari dan Mukomuko-Bengkulu, ataupun dari Mukomuko ke Padang PP. Pasalnya, Maskapai Penerbangan Aviastar akan masuk dan melayani rute tersebut. Hanya saja pesawat itu terbang setiap Senin atau sekali seminggu.

Pesawat ini berkapasitas 18 kursi. Rute Mukomuko-Padang masih masuk katagori jalur perintis. Artinya pesawat itu terbang untuk rute Mukomuko-Padang yang biayanya disubsidi oleh pemerintah melalui Kemenhub.

Sedangkan rute Mukomuko-Bengkulu masuk jalur penerbangan regular. Karena jelang akhir tahun lalu sudah dibuka jalur penerbangan komersial untuk Bengkulu-Mukomuko.

“Pemerintah Pusat tidak dapat memberikan subsidi. Ini lantaran rute Mukomuko-Bengkulu pernah dibuka penerbangan regular, penerbangan non subsidi,” ujarnya.

Akibat tidak ada subsidi, harga tiket pesawat Aviastar bisa mencapai Rp 500 ribu lebih. Jauh berbeda dengan harga tiket untuk rute Mukomuko–Padang hanya dikisaran Rp 280 ribu. Dan harga itupun pulang pergi (PP).

“Kalau Susi Air kemarin lebih dari satu kali dalam seminggu. Sedangkan Aviastar ini hanya sekali. Terus kalau dibandingkan, jelas beda Aviastar dengan Susi Air. Karena yang Aviastar kapasitas penumpangnya bisa sampai 18 orang,” demikian Sofyan.(hue)

Berita Lainnya

58 Desa Belum Cairkan Dana Desa

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Mukomuko menyebutkan masih ada puluhan desa yang belum ...

error: Content is protected !!