Kamis , 27 Juni 2019
Home / Breaking News / Gunakan Transaksi Non Tunai Untuk Menghindari Penyebaran Uang Palsu

Gunakan Transaksi Non Tunai Untuk Menghindari Penyebaran Uang Palsu

Irwan Efendi

BENGKULU – Berdasarkan catatan dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bengkulu penyebaran uang palsu alias upal di Bengkulu cukup banyak.  Tahun 2017 sebanyak 245 lembar upal, kemudian di tahun 2018 sebanyak 323 lembar dan untuk tahun periode Januari-Maret 2019 ini sudah ditemukan sebanyak 20 lembar.

Kepala Tim Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR) BI Bengkulu, Irwan Efendi mengatakan pihaknya selama ini terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat berkaitan dengan keaslian uang rupiah tersebut. Dengan sosialisasi diharapkan masyarakat akan semakin teliti sehingga tahu membedakan mana uang yang asli dan mana yang palsu.

Disisi lainnya, saat ini pihak BI sendiri juga sudah menjalankan terkait dengan program dengan menggalakkan transaksi non tunai. Dengan transaksi non tunai tersebut akan dapat meminimalisir dan menghindari penyebarn upal ini.

“Dengan transaksi non tunai maka kesempatan untuk penyebaran uang palsu akan semakin sempit. Yang jelas kita akan terus tekan agar upal tidak menyebar,” sampai Irwan yang juga menjabat sebagai Asisten Direktur BI Bengkulu ini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/3) siang.

Irwan menyebut, dari jumlah upal yang masih menyebar tersebut yang paling banyak jumlahnya untuk pecahan Rp 50 ribu. Padahal pecahan Rp 50 ribu sendiri dari sisi keamanan sudah lengkap, kendati demikian masih dilakukan oleh oknum untuk melakukan pemalsuan. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau agar masyarakat terus waspada dan hati-hati dan apabila ada menemukan upal dapat segera melaporkan segera ke BI.

“Kita imbau agar masyarakat bila menemukan diharapkan jangan diedarkan lagi dan segera laporkan kepada kita,” demikian Irwan.(zie)

Berita Lainnya

Tampilan Baru New Honda BeAT Street eSP Semakin Ekspresif

BENGKULU – PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan penyegaran terbaru untuk New Honda BeAT Street ...

error: Content is protected !!