Senin , 22 Juli 2019
Home / Berita utama / Gubernur akan Gugurkan Calon Pejabat Beristri Lebih dari Satu

Gubernur akan Gugurkan Calon Pejabat Beristri Lebih dari Satu

BENGKULU – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah ikut mendukung langkah Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemprov Bengkulu melakukan uji publik terhadap tiga besar calon pejabat. Selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yang memiliki kewenangan untuk memilih, Rohidin tidak akan memilih pejabat beristeri lebih dari satu tanpa izin.

“Kehidupan pribadi yang tidak diperbolehkan menjadi pejabat. Ada aturan ASN itu tidak boleh narkoba, beristri lebih dari satu tanpa izin isteri pertama dan atasan. Kalau ada itu pasti saya gugurkan,” ujar Rohidin.

Lebih lanjut Rohidin menerangkan bahwa pansel sudah bekerja menuntaskan tahapan seleksi dan dirinya sudah mendapatkan laporan lisan. Rohidin menyerahkan sepenuhnya kepada pansel untuk merekap secara keseluruhan nilai dari 79 peserta calon pejabat. Dari penilaian penulisan makalah, asessment, dan wawancara akhir. Setelah diperoleh tiga besar nilai tertinggi baru diumumkan untuk dilakukan uji publik.

Untuk memperoleh masukan dari masyarakat terkait rekam jejak para calon pejabat ini. Baik rekam jejak kinerjanya dipemerintahan, maupun tentang kehidupan pribadinya yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi seorang ASN. “Mungkin kita butuh 3-4 hari secukupnya sesuai aturannya untuk uji publik. Silahkan masyarakat menyampaikan masukan. Kalau ada masukan dan terbukti bisa dipertanggungjawabkan maka langsung saya gugurkan masuk 3 besar,” tegasnya.

Usai uji publik, tiga besar calon pejabat ini juga terang Rohidin akan dikonsultasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk mendapatkan persetujuan KASN. Setelah persetujuan dari KASN turun, barulah nama-nama tiga besar ini nantinya dikembalikan kepada gubernur selaku PPK yang memiliki kewenangan untuk memilih.

“Sebagai PPK kada memiliki kewenangan, maka nanti kita lihat dari ketiga orang itu. Nilai memang menjadi pertimbangan pertama, tapi kita akan lihat juga pengalamannya,” bebernya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu Diah Irianti menambahkan pihaknya menargetkan minggu awal April sudah ada 17 pejabat eselon 2 dilantik. Namun itu tetap tergantung dari pansel yang saat ini masih melakukan rekapitulasi nilai pesera seleksi terbuka. Mulai dari penulisan makalah, hasil asessment dari tim asesor Universitas Bengkulu (Unib), dan terakhir nilai wawancara.

“Kalau target kita sih awal April sudah dilantik. Nama-nama tiga besar juga akan disampaikan dengan KASN untuk mendapatkan rekomendasi, turun baru nanti kita sampaikan ke gubernur,” terang anggota Pansel JPTP ini. (key)

 

 

Berita Lainnya

Beliung : Beli Untung Sepeda Motor Honda

BENGKULU – Beli Untung Sepeda Motor Honda merupakan program yang ditujukan untuk konsumen setia Honda ...

error: Content is protected !!