Minggu , 21 Juli 2019
Home / Berita utama / Gubernur Beri Pembinaan Petani Kopi

Gubernur Beri Pembinaan Petani Kopi

PANEN KOPI; Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid ikut memanen kopi bersama masyarakat, Jumat (29/30). (foto : ist/rb)

KEPAHIANG – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah “ngopi bareng” bersama masyarakat Sidorejo Kabawetan Kepahiang, Jumat (29/3). Bahkan gubernur didampingi Bupati Kepahiang Hidayatullah Sjahid ikut mempraktikan cara memanen kopi hingga perlakuan pascapanen kopi yang baik. Sebagai bentuk pembinaan kepada petani kopi Bengkulu.  “Kita melakukan pembinaan kepada kelompok-kelompok masyarakat untuk mengubah pola perlakuan pola pasca panen. Yang tentunya sesuai permintaan, agar kopi Bengkulu diterima di luar,” kata Rohidin.

Menurutnya, Pemprov Bengkulu selalu berkomitmen untuk mendongkrak produksi pertanian dan perkebunan. Saat ini pemprov gencar melakukan promosi kopi ke luar. Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk pengembangan dan pemasaran kopi Bengkulu. Jalinan kerja sama promosi kopi Bengkulu dengan brand utama Bencoolen Coffe ini jelas sangat strategis, tentunya Jakarta sangat potensial sebagai market kopi masyarakarat Bengkulu.

“Kalau pemberitahuan ke saya secara lisan itu rencananya tanggal 5 April atau Jumat depan akan penandatangan MoU dengan Pemprov DKI. Bengkulu akan menjadi suplier kopi ke DKI,” beber Rohidin.

Lanjutnya, dengan ditandatangani kerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta nanti Bengkulu akan memiliki izin dari Gubernur DKI Jakarta untuk mendirikan outlet-outlet di tempat strategis di wilayah DKI Jakarta. Selain itu kopi Bengkulu diberikan kesempatan untuk masuk bekerjasama dengan perusahaan BUMD DKI Jakarta. “Kalau kita pasang sendiri outlet kopi Bencoolen bisa miliaran. Nanti kopi yang akan kita suplai ke DKI Jakarta diambil dari kopi masyarakat,” jelasnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan (TMPHP) Provinsi Bengkulu Ir. Ricky Gunarwan menambahkan kegiatan Ngopi Bareng Gubernur yang dilaksanakan di Desa Siderejo Kecamatan Kabawetan, Kepahiang merupakan agenda kunjungan kerja gubernur. Ngopi Bareng diawali dengan panen kopi bersama gubernur.

Lalu dilanjutkan dengan peninjauan bangunan dryer (rumah pengeringan kopi), gudang Unit Pengolahan Hasil (UPH) dan prosesing akhir kopi serta packing (pengemasan hasil panen). Kemudian gubernur juga meracik kopi langsung untuk diminum bersama masyarakat setempat. Dalam kunjungan gubernur ini juga diserahkan alat mesin pertanian dan alat pengolahan kopi kepada kelompok petani. Berupa Handtractor, mesin sangrai kopi, mesin pengolahan kopi, dan power thresser.

“Sebagai bentuk motivasi kepada petani kopi dalam rangka menuju kopi Bengkulu Go Internasional. Guna meningkatkan produktivitas kopi dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi petani kopi Bengkulu,” demikian Ricky. (key)

Berita Lainnya

Beliung : Beli Untung Sepeda Motor Honda

BENGKULU – Beli Untung Sepeda Motor Honda merupakan program yang ditujukan untuk konsumen setia Honda ...

error: Content is protected !!