Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pengembang Perumahan Minim Setoran Pajak BPHTB

Pengembang Perumahan Minim Setoran Pajak BPHTB

ARGA MAKMUR- Kurun tahun 2018, Pemda Bengkulu Utara  mendapatkankan kucuran Rp 1,1 miliar dari pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Jumlah tersebut dua kali lipat lebih tinggi dari target Rp 500 juta petahun yang ditetapkan dalam APBD.  Namun besaran Rp 1 miliar tersebut masih dari pembayaran masyarakat umum yang melakukan transaksi pembelian lahan dan bangunan dan melakukan proses pensertifikatan. Terutama pembelian lahan dan bangunan yang terletak di pinggir-pinggir jalan.

Sedangkan setoran BPHTB dari sektor swasta seperti perkebunan milik perusahaan masih sangat minim. Termasuk setoran BPHTB dari pengembang perumahan yang kini memang tengah marak berdiri di Bengkulu Utara.

Kepala Bapenda Sugeng, SE menuturkan jika akan memaksimalkan lagi untuk meningkatkan dari sektor swasta terutama perusahaan yang melakukan pembelian atau pembebasan lahan. Jumlah ini yang memang biasanya sangat berpengaruh besar pada PAD sektor BPHTB.

“Kita akui belum maksimal, akan kita tingkatkan lagi melakukan pendekatan pada perusahaan. Dan berharap tidak ada upaya-upaya untuk lolos dari wajib BPHTB,” terangnya.

Selain itu, ia juga melihat masih minimnya BPHTB dari pengembangan perumahan. Setiap pengembang memang membayar BPHTB saat mereka membeli  lahan untuk pembangunan, namun kuat dugaan besaran BPHTB yang dibayarkan hanya berupa jual beli tanah yang dilakukan.  “Sedangkan seharusnya jika sudah dilakukan pembangunan dan dijual pada masyarakat yang membeli. Disana juga ada beban BPHTB yang memang harus dibayar sebagai PAD,” terangnya.

Diketahui, seluruh transaksi tanah dan bangunan yang nilainya diatas Rp 60 juta wajib membayar BPHTB. Di Bengkulu Utara nyaris tidak ada lagi tanah yang digunakan untuk mendirikan bangunan dibawah Rp 60 juta sehingga diyakini bisa diatas perolahan BPHTB saat ini. (qia)  

Berita Lainnya

Suara Caleg Hanya 8 Tertulis 178

AIR BESI – Pleno rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Air Besi yang digelar oleh PPK ...

error: Content is protected !!