Jumat , 23 Agustus 2019
Home / Berita utama / Pesawat Perintis Twin Otter DHC-6 Resmi Terbangi Langit Bengkulu

Pesawat Perintis Twin Otter DHC-6 Resmi Terbangi Langit Bengkulu

Pesawat Twin Otter DHC-6 dari maskapai Aviastar 

BENGKULU – Plt. Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, M. Yususf, ST melalui Kepala Bidang Pengembangan dan Perkeretaapian, Syafril, SE, MsTr mengatakan mulai Senin (25/3)  pesawat perintis dari Kementerian Perhubungan resmi beroperasi di wilayah Provinsi Bengkulu.  Pesawat melayani penerbangan dengan start dari Padang,  Sumatera Barat (Sumbar)-Mukomuko-Bengkulu – Enggano – Bengkulu – Mukomuko – Padang/Sumbar). 

“Penerbangan perintis tersebut dilayani oleh maskapai Aviastar menggunakan pesawat jenis Twin Otter DHC-6 dengan kapasitas tempat duduk 18 penumpang. Penerbangan perintis tersebut akan beroperasi 1 x seminggu pada setiap hari Senin,” ujar Syafril.

Ditambahkannya, khusus penerbangan rute Mukomuko – Bengkulu dan sebaliknya, tidak termasuk rute perintis (non perintis) sehingga tarifnya ditentukan oleh maskapai yakni sedikit lebih tinggi dari tarif perintis yg disubsidi pemerintah. “Semoga masyarakat dan pemerintah dapat memanfaatkan penerbangan perintis ini,” tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Provinsi Bengkulu didukung Pemerintah Kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara serta Bandara Mukomuko meminta penambahan frekuensi penerbangan minimal 2 kali seminggu dan diharapkan seluruh rute penerbangan merupakan penerbangan perintis yang ongkosnya disubsidi pemerintah sehingga dapat meringankan biaya yang dikeluarkan masyarakat pengguna jasa.

Dikatakan, operasional penerbangan perintis di Provinsi Bengkulu tahun 2019 ini menginduk ke Bandara Binaka Gunung Sitoli Sumatera Utara, dan Pemerintah Daerah juga telah mengusulkan untuk tahun 2020 mendatang frekuensi penerbangan perintis di Provinsi Bengkulu diusahakan bisa mencapai 3 kali seminggu terutama untuk melayani penerbangan Bengkulu – Enggano, Bengkulu – Mukomuko dan Mukomuko – Padang. “Diharapkan pengelolaan penerbangan perintis tersebut dapat diselenggarakan oleh Bandara yang ada di Provinsi Bengkulu sendiri seperti Bandara Fatmawati Soekarno atau Bandara Mukomuko,” pungkas Syafril. (zie)

Berita Lainnya

Berbagi Pada Sesama, Astra Motor Bengkulu Adakan Donor Darah

BENGKULU– Astra Motor Bengkulu kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah rutin 3 bulanan, Jumat (23/8). Kegiatan ...

error: Content is protected !!