Selasa , 23 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Realisasi Program CSR Pengusaha Tambang di Bengkulu Utara Masih Nol

Realisasi Program CSR Pengusaha Tambang di Bengkulu Utara Masih Nol

ARGA MAKMUR – Hingga akhir Maret, belum ada satupun pengusaha tambang di Bengkulu Utara yang merealisasikan program Coorporate Social Responsibility (CSR), atau Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TJSLP). Kepala Bappeda Ir. Siti Qoriah R, MM menuturkan akan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh perusahaan yang wajib melaksanakan CSR setiap tahun. Rakor bertujuan untuk menetapkan pekerjaan apa yang wajib dilakukan perusahaan. Sehingga pekerjaan bisa dilakukan dengan segera dan bersamaan dengan pembangunan fisik daerah.

“Kita akan jumlahkan beban 3 persen dari laba bersih perusahaan yang bisa dibangunkan menjadi sarana fisik di lingkungan pekerjaan masing-masing,” terangnya.

Di Bengkulu Utara  ada 52 perusahaan tambang galian C  dengan omzet milliaran per tahun. Namun dalam nama perusahaan wajib CSR hanya ada satu perusahaan galian C yang melaksanakan CSR.      “Kita akan panggil pengusaha galian C juga untuk melaksanakan CSR. Jangan sampai ada CSR yang tidak dilaksanakan atau dilaksanakan namun tidak tepat sasaran,” terang Siti.

Ia juga mengingatkan jika Pemda Bengkulu Utara tidak mengelola dana CSR dari perusahaan tersebut. Pemda hanya melakukan rekapitulasi dana yang wajib dikeluarkan perusahaan dan menghitungnya menjadi beban pembangunan yang dilakukan langsung perusahaan. Serta menentukan pembangunan apa yang harus dilakukan perusahaan sesuai dengan Musrenbang desa dan kecamatan masing-masing. (qia)

Berita Lainnya

Usut 2 Kasus Korupsi DD

ARGA MAKMUR – Dalam tahun ini, Kejari Bengkulu Utara sudah menetapkan dua tersangka kasus dugaan ...

error: Content is protected !!