Minggu , 21 Juli 2019
Home / Breaking News / Gubernur Rohidin Dukung Pengembangan Jeruk Gerga

Gubernur Rohidin Dukung Pengembangan Jeruk Gerga

PANEN : Gubernur Rohidin menyempatkan diri merasakan panen jeruk gerga di kebun warga Desa Pal VII Kecamatan BUR. (foto : wanda/rb)

BUR – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, M.MA, Sabtu (30/3) mengunjungi Desa Pal VII Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) dalam rangka  menyerahkan bantuan bibit jeruk, bibit padi dan bantuan sosial kepada penyandang disabilitas. Setelahnya gubernur  bersama rombongan menyempatkan diri panen di jeruk gerga di kebun warga.

Kades Pal VII Sugiarman Asono mengatakan, total luas lahan perkebunan jeruk yang dikelola masyarakat sudah mencapai 200 hektare. Mulai dari bibit, proses penanaman, perawatan hingga panen dilakukan langsung oleh masyarakat. Tanpa ada campur tangan perusahaan manapun.

‘’Dulunya kami ini petani kopi, setelah melihat potensi dan ada yang membimbing, kemudian kami berpindah dengan menjadi petani kebun jeruk. Mulai dari proses pembibitan hingga penanaman dan panen, bahkan sampai pemasaran kami lakukan sendiri. Namun masih banyak kendala yang kami hadapi,’’ terang Sugiarman saat menyampaikan sambutannya didepan Gubernur Rohidin.

Dijelaskan Sugiarman, berbagai kendala tersebut, diantaranya persoalan pupuk yang terkadang susah didapatkan, meskipun mereka punya uang untuk membeli. Begitu juga soal racun atau obat-obatan untuk antisipasi penyakit tanaman jeruk. Bibit juga masih susah untuk dikelola maupun didapatkan.

Selain itu, lanjut Sugiarman, masalah grade hasil panen jeruk juga masih menjadi kendala. Karena saat menjual hasil kebun, tidak seluruhnya bisa dijual ke pasaran dalam bentuk buah segar. Sehingga diharapkan ada solusi dari pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi untuk mengatasi berbagai kendala yang masih dialami para petani jeruk gerga.

‘’Kalau bisa kendala yang kami alami bisa diatasi. Sehingga seluru hasil kebun kami terjual. Misalnya diadakan mesin atau pabrik seperti di luar yang bisa mengukur kwalitas atau grade hasil panen kami. Agar tahu yang mana yang bagus dan kurang bagus untuk diseleksi dan dijual dalam bentuk buah segar. Atau bisa juga ada perusahaan sebagai penampung seluruh hasil kebun kami. Selain itu, kita juga mengharapakan agar bisa diberikan moda tranfortasi atau dibangunkan infrastruktur jalan di kawasan lahan perkebunan jeruk warga, agar tidak sulit dalam hal pengangkutan hasil kebun,’’ sampai Sugiarman.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Rohidin menyampaikan, Pemda Provinsi Bengkulu akan berupaya agar seluruh hasil kebun warga bisa menghasilkan dan memiliki nilai jual. Salah satu solusi, buah jeruk yang nilainya kurang untuk dijual langsung dalam bentuk buah segar, bisa dijadikan produk olahan seperti sirup jeruk kalamansi.

‘’Nanti warga akan diberikan pelatihan serta difasilitasi dengan pemenuhan kebutuhan lainnya. Agar nanti jeruk-jeruk yang kurang bernilai untuk dijual dalam bentuk buah segar, bisa diolah dengan usaha rumahan. Sehingga ini bisa menambah nilai jual dan penghasilan petani jeruk,’’ terang Gubernur Rohidin.

Ditambahkan Gubernur Rohidin, untuk persoalan akses transportasi, mereka akan segera berkoordinasi dengan Pemkab Rejang Lebong agar dilakukan upaya pembukaan jalan di kawasan perkebunan warga yang akses jalannya belum memadai. Sehingga semakin membantu masyarakat dalam melancarkan proses pengangkutan hasil panen maupun akses transportasi petani untuk pulang pergi ke lahan kebun mereka nantinya.

‘’Akses transportasi akan dikoordinasikan dengn pemerintah kabupaten agar diupayakan pembukaan jalan di kawasan lahan kebun warga. Lalu untuk masalah pupuk, nanti saya minta OPD terkait untuk cek ke petugas lapangan kondisi. Jangan sampai ini menjadi kendala lagi bagi masyarakat. Termasuk juga nanti diupayakan agar bibit bisa disalurkan dengan mudah. Kalau bisa diupayakan bibit bisa diproduksi sendiri oleh petani,’’ imbuh Gubernur Rohidin.(dtk)

Berita Lainnya

Beliung : Beli Untung Sepeda Motor Honda

BENGKULU – Beli Untung Sepeda Motor Honda merupakan program yang ditujukan untuk konsumen setia Honda ...

error: Content is protected !!