Senin , 17 Juni 2019
Home / Breaking News / Selamat Hari Film Nasional

Selamat Hari Film Nasional

WEEKEND tiba, waktunya nonton film. Yapp, nonton film memang menyenangkan untuk mengisi waktu luang, Youthz. Apalagi film yang ditonton merupakan film yang sudah ditunggu-tunggu. Eitss, nonton filmnya jangan beli DVD bajakan atau download secara ilegal ya. Youthz, tahu nggak sih sejarah perfilman di Indonesia? Jangan tahunya hanya nonton saja ya. Berikut ulasan sejarah Hari Film Nasional. (tim/berbagai sumber)

Diperingati 30 Maret
Hari Film Nasional diperingati oleh insan perfilman Indonesia setiap tanggal 30 Maret karena pada tepatnya tanggal 30 Maret 1950 adalah hari pertama pengambilan gambar film Darah dan Doa atau Long March of Siliwangi yang disutradarai oleh Usmar Ismail.

Bercirikan Indonesia
Film Darah dan Doa dinilai sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia. Selain itu film ini juga merupakan film pertama yang benar-benar disutradarai oleh orang Indonesia asli dan juga diproduksi oleh perusahaan film milik orang Indonesia asli yang bernama Perusahaan Film Nasional Indonesia (Perfini). Usmar Ismail tercatat juga sebagai pendirinya.

Konferensi Dewan Film Nasional
Ditetapkannya tanggal 30 Maret sebagai Hari Film Nasional merupakan hasil konferensi dari Dewan Film Nasional pada 11 Oktober 1962. Keputusan tersebut akhirnya diresmikan pada masa pemerintahan BJ Habibie.

Bioskop Meningkat Pesat
Selain itu pada tahun 1951 diresmikan pula Metropole, bioskop termegah dan terbesar pada saat itu. Pada masa itu jumlah bioskop meningkat pesat dan sebagian besar dimiliki oleh kalangan non pribumi.

Persatuan Pengusaha Bioskop
Pada tahun 1955 terbentuklah Persatuan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia dan Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GAPEBI) yang akhirnya melebur menjadi Gabungan Bioskop Seluruh Indonesia (GABSI). Pada masa itu selain PFN yang dimiliki oleh negara, terdapat dua perusahaan perfilman terbesar di Indonesia, yaitu Perfini dan Persari yang dipimpin oleh Djamaluddin Malik.

Berita Lainnya

Pentas Seni, Pawai Adat dan Karnaval Budaya Meriahkan Pembukaan Perayaan HUT Kota Curup ke-139

CURUP – Bupati Rejang Lebong  H. Ahmad Hijazi, SH, M.Si secara resmi membuka  Pagelaran Pentas ...

error: Content is protected !!