Selasa , 23 April 2019
Home / Breaking News / 12 Kasus DBD, Satu Meninggal Dunia

12 Kasus DBD, Satu Meninggal Dunia

SELUMA – Sepanjang tahun 2019 ini, sudah ada 12 warga Kabupaten Seluma yang terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).  Satu diantaranya yang terjangkit di bulan Maret ini, meninggal dunia akibat serangan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk tersebut. Untuk antisipasi penyebaran penyakit menular ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Seluma, akan membagikan bubuk Abate gratis untuk warga. Gunanya untuk membasmi jentik nyamuk Aedes  Egypti penyebab DBD. Pembagian bubuk Abate ini dilakukan di wilayah yang menjadi kawasan endemic penyakit DBD yakni Kecamatan Seluma Barat, Sukaraja, Air Periukan, Seluma, serta Kecamatan Talo.

Kadinkes Seluma, Rudi Sawaludin, S.Sos melalui Kasi Pencegahan Penyakit Menular, Fachrozan, SKM mengatakan dengan ini diharapkan penyakit DBD di Seluma dapat dicegah dan diminimalisir.  “Bubuk Abate ini nanti ditabur di air yang menggenang. Seperti siring atau tempat penampungan air. Namun untuk air bak mandi di dalam rumah tidak perlu. Karena pasti selalu dipakai dan selalu diganti tiap hari,” terang Fachrozan.

DBD masih menjadi momok bagi masyarakat Seluma. Maret ini saja, ditemukan Dua kasus di Desa Sukamaju, Kecamatan Sukaraja.  “Untuk penderita DBD di tahun 2019 ini sebanyak 12 kasus. Dua kasus terjadi Maret dengan satu orang penderitanya meninggal dunia,” kata Fachrozan.

Menyikapi hal ini, selain membagikam bubuk Abate, Dinkes Seluma juga telah memfogging untuk membasmi nyamuk penyebab DBD ini. Dia meminta kades se Seluma beserta perangkat menyampaikan jika ada warga yang terserang DBD. Supaya bisa segera diambil tindakan.

“Kerjasama ini tentu sangat kami harapkan, laporkan segera jika ada keluarga atau warga yang mengidap DBD. Karena jika tidak cepat diambil tindakan, akibatnya sangat fatal, berakibat kematian,” sampai Fachrozan. (aba)

Berita Lainnya

Golkar Diprediksi Rebut Kursi Ketua DPRD Provinsi

BENGKULU – Partai Golkar berpeluang mendapatkan kursi ketua DPRD Provinsi Bengkulu pada Pemilu 2019 ini. ...

error: Content is protected !!