Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Mukomuko / 12 Pasar Mingguan Ditarik Retribusi

12 Pasar Mingguan Ditarik Retribusi

MUKOMUKO –Dipastikan mulai tahun ini sebanyak 12 pasar tradisional di Kabupaten Mukomuko, ditarik retribusi. Penarikan retribusi tersebut dilakukan, tak lain untuk menyokong PAD. Hal ini dijelaskan Kadis Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Mukomuko, Fauzi, SH, M.Si.

Sejumlah pasar mingguan itu ditarik retribusi, karena sudah dibangunnya sarana dan prasarana pendukung oleh pemerintah. “Target PAD dari 11 pasar itu Rp 60 juta,” kata Fauzi.

Lebih lanjut dikatakan, total ada 26 pasar tradisional yang bisa dipungut retribusi. Tetapi 15 pasar mingguan lainnya itu, belum bisa dipungut retribusi. Disebabkan belum memiliki bangunan pemerintah. Seperti los pasar, kios, ruko, dan lain sebagaianya.

“Pasar mingguan yang belum miliki bangunan pemerintah, tidak bisa dipungut retribusi. Dari 26 pasar hanya ada 12 pasar yang bisa kita pungut retribusi,” ujar Fauzi.

Sebelumnya kata Fauzi, hanya ada 11 pasar yang ditarik retirbusi. Tapi tahun 2019, ada tambahan 1 pasar lagi. Adalah pasar tradisional di Desa Batu Ejung Kecamatan Teramang Jaya.

Bertambahnya jumlah pasar diambil retrbusi itu, karena pada sejumlah pasar tersebut sudah dibangun berupa los pasar dari pemerintah.

“Jadi muali tahun 2019 ini, Pasar Batu Ejung yang ikut ditarik retribusi. Pasar ini sudah dapat bangunan los tahun 2017. Sesuai aturan setelah mendapatkan bangunan dari pemerintah, tak bisa langsung memungut retribusi. Tapi diberikan jeda waktu selama satu tahun. Tahun ini sudah bisa dipungut retribusinya,” jelas Fauzi.

Sedangkan target retribusi mencapai Rp 60 juta. Fauzi memastikan, target itu bisa tercapai bahkan bisa saja lebih. Ini karena tahun 2018 lalu, PAD retribusi pasar mencapai Rp 80 juta. Jadi bisa lebih dari target itu.

“Sedangkan tahun 2019 jumlahnya menjadi 12 pasar, dan ditaksir bisa mendapat PAD sekitar Rp 85 juta,’’ yakin Fauzi.(hue)

Berita Lainnya

Dilepas Bupati, JCH Diangkut Lima Bus

MUKOMUKO – Sebanyak 202 Jamaah Calon Haji (JCH) Mukomuko dilepas Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, ...

error: Content is protected !!