Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Kepahiang / 8.789 Eksemplar BukuSaku Pemilu Disebarkan

8.789 Eksemplar BukuSaku Pemilu Disebarkan

KEPAHIANG – Guna mempermudah tugas pengasa dan saksi Pemilu di Tempat Pemungutan Suara (TPS), Bawaslu Kabupaten Kepahiang berencana akan membagikan sebanyak 8.789 eksemplar buku saku pemilu. Buku saku pemilu ini berfungsi sebagai panduan para pengawas dan saksi di TPS dalam pengawasan proses pemungutan suara nantinya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang, Rusman Sudarsono, SE mengungkapkan buku saku pemilu tersebut berisikan panduan teknis para pengawas dan saksi TPS, mulai dari tupoksi saksi dan pengawas TPS, sistem kerja saksi dan pengawas TPS hingga petunjuk terkait tata cara pembuatan lokasi TPS yang akan digunakan dalam Pemilu 17 April nantinya.

“Buku ini dicetak oleh Bawaslu RI untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan baik pengawas maupun saksi TPS dalam menjalankan tugasnya. Banyak pedoman teknis yang ada dalam buku saku tersebut sebagai landasan kerja para pengawas dan saksi TPS,” terang Rusman.

Rusman mengatakan, dari 8.789 eksamplar buku saku pemilu tersebut, sebanyak 517 eksemplar dianytaranya akan diberikan kepada pengawas TPS, dengan rincian masing-masing 1 eksamplar. Sedangkan sisanya 8.272 eksamplar, diberikan kepada saksi 16 Partai Politik (Parpol) dengan masing-masing parpol menerima sebanyak 517 eksamplar.

Buku saku pemilu ini diberikan secara merata sesuai dengan jumlah kebutuhan masing-masing parpol, termasuk partai yang tidak memiliki calon anggota legislatif di Kabupaten Kepahiang pada Pemilu 2019 mendatang, seperti Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

“Sejauh ini kalau untuk saksi Parpol, yang sudah mengambilnya baru Nasdem. Sedangkan untuk 15 Parpol lainnya masih menunggu konfirmasi,” demikian Rusman. (sly)

Berita Lainnya

Ada Potensi Bencana, BPBD Bentuk Desa Siaga Bencana

KEPAHIANG – Kondisi geografis Kabupaten Kepahiang yang berada dalam zona merah gempa bumi dan ring ...

error: Content is protected !!