Sabtu , 20 April 2019
Home / Metropolis / Pengawasan PKL Lemah

Pengawasan PKL Lemah

BEBAS: Walau sempat beberapa kali ditertibkan, namun pedagang kaki lima (PKL) kembali berjualan di atas badan jalan. (foto: bayu/rb)

BENGKULU – Walau sudah disediakan lahan untuk Pasar Kuliner Malam di Jalan KZ Abidin II, tak serta merta membuat pedagang kaki lima (PKL) mau berjualan di dalam area tersebut. Bahkan sebagian diantara mereka, tetap ada yang nekat berjualan di atas jalan tepatnya di depan Taman Smart City simpang lima.

Meski penertiban sudah berulang kali dilakukan, nampaknya hal tersebut kurang efektif. Padahal, tak jarang kemacetan lalu lintas terjadi akibat keberadaan PKL yang berjualan di depan trotoar Taman Smart City.

Lemahnya pengawasan dari pihak terkait, iktu memicu menjamurnya PKL liar tersebut. Pantauan RB, Minggu (31/), semakin hari para PKL terlihat bertambah banyak yang berjualan di luar arena Pasar Kuliner Malam hinga hampir mendekati persimpangan traffic light Simpang Lima Ratu Samban.

Kemacetan kerap terjadi saat pembeli berhenti dan memarkirkan sepeda motornya. Selain itu kendaraan pengunjung Taman Smart City yang sering di parkir di depan trotoar juga ikut memicu terjadinya kemacetan..

Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Bengkulu, Rena Anggrani menyayangkan kondisi tersebut. Salah satunya pemicunya adalah adanya pembiaran terhadap PKL yang berjualan di sembarang tempat. Terutama di badan jalan yang memang bukan tempatnya berjualan.

“Pemkot harus tegas. Kalau berjualan di badan jalan atau trotoar itu dilarang. Sebaiknya pemkot ketat mengawasi di lapangan terhadap pedagang yang bandel jualan sembarangan itu. Sebab jika terus dibiarkan dampaknya akan terus mengganggu lalu lintas jalan. Apalagi di lokasi depan Telkom itu padat kendaraan melintas,” kata Rena.

Sementara itu, Kepala Satpol PP, Mitrul Ajemi belum dikonfirmasi terkait kondisi PKL yang masih berjualan di sembarang termpat tersebut. (cw2)

Berita Lainnya

Kapolda: Pemanfaatan Gedung Mapolsek Sungai Serut Tunggu Tuntas 100 Persen

BENGKULU – Keberadaan gedung yang direncanakan untuk Mapolsek Sungai serut sudah dilakukan sejak 2 tahun ...

error: Content is protected !!