Sabtu , 20 April 2019
Home / Probis / Pergi Tanpa Uang Tunai

Pergi Tanpa Uang Tunai

Riko Abdurrahman

JAKARTA – Mayoritas atau sekitar 82 persen masyarakat Indonesia ternyata bepergian tanpa uang tunai (cashless). Hal tersebut terungkap dari hasil survei Visa Worldwide terkait dengan Consumer Payment Attitudes 2018. Berdasar studi tersebut, masyarakat Indonesia semakin menyadari manfaat pembayaran nontunai.

”Menjalani gaya hidup nontunai menjadi lebih mudah dan menarik bagi masyarakat kita. Karena banyaknya opsi cara membayar, mulai pembayaran pakai kartu, teknologi nirkontak, sampai yang berbasis QR code,” papar Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman.

Terkait dengan masa depan pembayaran, Riko mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia menunjukkan minat yang tinggi untuk menggunakan perangkat wearable. Yakni, sebanyak 76 persen responden. Mereka menilai smartwatch sebagai perangkat wearable yang paling nyaman untuk pembayaran.

Kepala Ekonom BCA David Sumual mengatakan, mengalihkan transaksi masyarakat dari tunai ke nontunai butuh waktu lama, bisa 10 sampai 15 tahun. Bergantung seberapa cepat pembangunan infrastruktur komunikasi. ”Kalau untuk daerah-daerah perkotaan, saya pikir nggak ada masalah,” ungkapnya kemarin.

Saat ini masih ada daerah yang belum terjangkau listrik dan base transceiver station (BTS). Sedangkan syarat utama mengakses keuangan digital adalah ketersediaan listrik. Apalagi di pulau-pulau kecil yang susah dijangkau. Hal itulah yang mengakibatkan penggunaan uang tunai di daerah masih besar. ”Transaksi digital harus pakai gadget atau kartu. Kendalanya di situ,” imbuh dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, beberapa inisiatif sudah dilakukan oleh otoritas. Salah satunya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Layanan Keuangan tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif atau yang disebut Laku Pandai. Transaksi nontunai memberikan keuntungan seperti kepraktisan dan keamanan. Meski begitu, transaksi tunai harus tetap ada. ”Tunai jadi backup,” papar dia.(ken/nis/c11/oki)

Berita Lainnya

Wow Sale, Beli Furniture Cashback Rp 17 Jutaan

BENGKULU – Semangat Pemilihan Umum (Pemilu) yang baru saja terlaksana dengan baik, berimbas dengan digelarnya ...

error: Content is protected !!