Rabu , 11 Desember 2019
Home / Daerah / Curup Pos / Seksi Pidsus Siap Beraksi, Proses TGR Tidak Tuntas

Seksi Pidsus Siap Beraksi, Proses TGR Tidak Tuntas

CURUP – Hingga saat ini, Jaksa Pengacara Negara (JPN) Kejari Rejang Lebong masih berupaya menjalankan Surat Kuasa Khusus (SKK) penagihan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) Tahun Anggaran (TA) 2017 lalu yang masih tersisa lebih kurang Rp 3 miliar. Namun begitu, sejauh ini dari 16 SKK yang dipegang JPN masih tersisa 9 SKK lagi yang belum tuntas.

Jika 9 SKK tersebut tidak juga tuntas atau diselesaikan oleh rekanan maupun pihak lain yang memeliki tangungjawab TGR, makanya Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Rejang Lebong sudah siap beraksi alias mengambil langkah hokum untuk memproses seluruh TGR tersebut. Ini disampaikan Kajari Rejang Lebong Edi Utama, SH, MH melalui Kasi Pidsus Agustian, SH, MH kepada RB.

Diungkapkan Agustian, meskipun masih ada upaya lain nantinya yaitu upaya hukum dengan menggugat perdata para pihak yang memiliki TGR tersebut, namun proses hokum berupa penanganan perkara, mulai dari penyelidikan hingga penyidikan tetap bisa dilakukan. Apalagi dengan adanya temuan audit BPK tersebut, sudah bisa menjadi salah satu petunjuk bahwa ada potensi kerugian Negara.

‘’Kita siap mengambil langkah proses hukum terkait TGR yang nantinya tidak juga terselesaikan melalui penagihan JPN. Kita sudah berkoordinasi dengan Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (datum, red). Ini untuk memilah memilih mana yang nanti dilakukan upaya gugatan perdata terlebih dahulu dan mana yang langsung kita lakukan puldata dan pulbaket,’’ imbuh Agustian.

Sementara itu, Kajari Rejang Lebong Edi Utama, SH, MH melalui Kasi Datun Lucky S. Marigo kepada RB mengungkapkan, sejauh ini memang baru 7 SKK yang terselesaikan dari 16 SKK yang mereka laksanakan. Dari 7 SKK yang selesai tersebut, nilai TGR nya mencapai Rp 700 juta. ‘’Makanya, kalau tidak ada itikad baik dari pihat berkepentingan, hanya dua pilihan, gugat perdata atau dilimpahkan ke Seksi Pidsus untuk diproses hukum,’’ singkat Lucky.(dtk)

 

Berita Lainnya

Jembatan ‘Palembang Kecik’ Terancam Ambruk

SBU – Bencananya alam terjadi dikawasan Desa Lubuk Alai Kecamatan Sindang Beliti Ulu. Sekitar pukul ...

error: Content is protected !!