Jumat , 21 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Sudah Dicabut Izin, Masih Ada 7 Galian C yang Beroperasi

Sudah Dicabut Izin, Masih Ada 7 Galian C yang Beroperasi

MUKOMUKO -Sedikitnya tujuh usaha galian C di Kabupaten Mukomuko, sudah dicabut Izin Usaha Pertambangan (IUP) batu dan pasirnya. Hal ini diungkapkan Kabid Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko, Fernandi, S.Hut, MM.

Meskipun pihak ESDM Bengkulu telah mencabut izin usaha pertambangan tersebut, namun beberapa usaha ini diduga masih saja tetap beroperasi dengan melakukan aktivitas penambangan.

Ini diketahui, setelah DLH melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan masyarakat setempat. ‘’Ya, pemilik usaha tambang galian C yang dicabut izinnya itu, sudah menghubungi kami dan mereka sendiri yang mengaku bahwa mereka masih melakukan aktivitas penambangan,’’ terang Fernandi.

Sejumlah usaha galian C bodong yang masih beraktivitas tersebut, karena masa berlaku izin usaha pertambangan mereka masih berlaku. Sementara itu ESDM mencabut IUP milik mereka, karena lokasinya dianggap salahi aturan. Lokasinya bukan berada pada tempat peruntukannya, atau di ruang untuk pertambangan.

Diaktakan ESDM telah mencabut izin usaha pertambangan,  maka secara otomatis izin lingkungan milik mereka itu tidak berlaku lagi. Kendati demikian, pihaknya mengaku tidak bisa untuk hentikan aktivitas usaha tambangnya.

‘’Ruang lingkup kecamatan di Mukomuko yang masuk dalam usaha penambangan, adalah Kecamatan V Koto, Kecamatan Penarik, Kecamatan Teramang Jaya, Kecamatan Sungai Rumbai, Kecamatan Pondok Suguh. Kemudian di Kecamatan Malin Deman dan Kecamatan Air Rami,’’ jelas Fernandi.

Selebihnya tambah Fernanti, tidak masuk di dalam ruang lingkup usaha penambangan. Jika ada penambangan diluar wilayah itu, jelas menyalahi aturan,” ujarnya.(hue)

Berita Lainnya

Penanganan Sekolah Butuh Rp 60 Miliar

MUKOMUKO – Ratusan sekolah di Kabupaten Mukomuko butuh penanganan serius. Meski sebagian besar sudah masuk ...

error: Content is protected !!