Minggu , 21 Juli 2019
Home / Daerah / Kaur / 8 Siswa SMA/MA Gagal UNBK

8 Siswa SMA/MA Gagal UNBK

UJIAN: Salah seorang siswa SMAN 7 Kaur tengah menjawab soal UNBK di SMAN 1 Kaur, Senin (1/4). (foto : albertus/rb)

KOTA BINTUHAN – Delapan siswa SMA/MA di Kabupaten Kaur dipastikan tidak lulus ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang dimulai Senin (1/4). Siswa tersebut tidak hadir di salah satu ujian penentuan kelulusan lantaran drop out (DO). Terdiri dari 5 perempuan dan 3 laki-laki. Satu siswa berasal dari SMAN 4 Kaur,  tiga siswa dari SMAN 8 Kaur dan empat siswa berasal dari SMAS Assyfiyah.

“Untuk siswa yang tidak hadir itu sudah lama DO dari sekolah. Rata-rata mereka putus sekolah karena menikah. Sementara siswa lainnya tetap ikut semua walau ada yang terlambat. Untuk hari pertama UNBK berjalan lancar tanpa ada gangguan,” kata Sekretaris MKKS SMA/MA Kaur Haryanto.

Jumlah peserta UNBK tingkat SMA/MA di Kaur mencapai sebanyak 1.133 siswa, hanya 1.125 yang hadir. Di sesi terakhir UNBK kemarin, Salah seorang siswa SMAN 7 Kaur Rio Padriawan, nyaris gagal ikut UNBK, lantaran telat hadir. Pengakuannya, dia terlambat karena motornya ditilang polisi. Akibat berkendara tidak menggunakan helem dan tidak membawa kelengkapan surat kendaraan sewaktu ke pasar. Saat mau masuk ke ruangan ujian, nomor ujiannya dia simpan di dalam jok motor yang diamankan polisi di Mapolres Kaur.

“Terlambat tadi pak, karena harus ambil nomor yang tinggal di jok motor. Tadi motor ditilang saat ke pasar,” ungkap Rio Padriawan.

Kendati sedikit terlambat, namun siswa tersebut tetap ikut UNBK. Diketahui SMAN 7 Kaur menginduk UNBK di SMAN 1 Kaur. Kepala SMAN 1 Kaur Amrizal mengingatkan siswa untuk tidak lalai membawa nomor peserta ujian. Karena itu merupakan syarat utama untuk bisa masuk ke ruang ujian. “Untuk siswa kita imbau untuk membawa nomor peserta, sementara kalau UNBK sejak jauh hari sudah harus menyiapkan diri. Jangan sampai nantinya ada nomor hilang dan sebagainya, sehingga dapat menghambat UNBK,” ungkap Amrizal.(cik)

Berita Lainnya

10 Jam Tersangka Pembunuhan Dibekuk Polres Kaur

KOTA BINTUHAN – RS (21) warga Manau Sembilan Dua Kecamatan Pagulu diamankan anggota Polres Kaur ...

error: Content is protected !!