Kamis , 25 April 2019
Home / Metropolis / 86 Siswa SMA Gagal UNBK

86 Siswa SMA Gagal UNBK

Peserta Tak Hadir UNBK. (yunike/rb)

BENGKULU – Sebanyak 90 peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA sederajat di Provinsi Bengkulu tidak hadir pada hari pertama ujian, Senin (1/4). Diantaranya 86 siswa gagal ujian dengan alasan 84 orang dinyatakan Drop Out (DO), dan 2 siswa lagi Meninggal Dunia (MD).

Terdata sebagai peserta UNBK tingkat SMA ada 16.047 siswa SMA dari 139 SMA dan 2.995 siswa MA dari 53 MA negeri/swasta, serta 29 SMALB. Seluruh sekolah sudah melaksanakan UNBK atau ujian online menggunakan laptop atau komputer. Hari pertama ujian, Senin (1/4), siswa SMA/MA mengikuti ujian dengan mata pelajaran bahasa Indonesia.

Ketua Ujian Nasional Provinsi Bengkulu, R Wahyu DP mengatakan, bagi siswa yang sakit masih bisa mengikuti ujian susulan. Yakni ada 4 orang, 2 peserta di Kota Bengkulu dan 2 peserta lagi dari Kabupaten Seluma. Dijadwalkan ujian susulan 15-16 April mendatang, yaitu hari pertama untuk mata pelajaran bahasa Indonesia mulai pukul 07.30 WIB-09.30 WIB. Kemudian pukul 10.30 WIB-12.30 WIB untuk mata pelajaran matematika.

Selanjutnya hari kedua tanggal 16 April dengan jam sama dimulai dari mata pelajaran bahasa Inggris, dan teori kejuruan bagi SMK atau satu mata pelajaran jurusan yang diujikan untuk peserta SMA. Namun untuk jumlah pasti siswa yang akan mengikuti ujian susulan, pihaknya masih menunggu laporan dari sekolah.

“Jadwal ujian susulan bagi peserta SMA/MA serentak dengan siswa SMK yang juga berhalangan hadir pada saat ujian utama,” bebernya.

UNBK hari pertama Senin (1/4), terangnya, berjalan lancar tidak ada kendala berarti yang dapat mengganggu pelaksanaan. Antisipasi listrik padam, sekolah sudah menyiapkan genset. Pihaknya juga sebelumnya sudah berkoordinasi dengan PLN dan Telkom. “Alhamdulillah hari pertama lancar, tidak ada kendala berarti,” jelasnya.

Senada, Kepala SMAN 6 Kota Bengkulu, Dra. Suarni juga menyampaikan hari pertama pelaksanaan UNBK di sekolah yang dipimpinnya berjalan lancar. Tidak ada kendala jaringan maupun listrik pada saat ujian. Sebanyak 279 siswa SMAN Kota Bengkulu hadir mengikuti UNBK hari pertama. Ada 3 ruangan digunakan, dan siswa bergantian menggunakannya sesuai jadwal sesi masing-masing.

“Ada 3 sesi sesuai jadwal dari pagi sampai sore. Alhamdulillah jaringan lancar, listrik juga aman. Akan tetapi antisipasi kalau listrik tiba-tiba mati kita sekolah ada genset,” pungkasnya. (key)

Berita Lainnya

Jelang Mutasi, Pejabat Pemkot Dikumpulkan

BENGKULU – Secara mendadak Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon, MPd Rabu (24/4) pagi memanggil ...

error: Content is protected !!