Rabu , 24 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Alasan Sakit, Satu CJH Tunda Keberangkatan

Alasan Sakit, Satu CJH Tunda Keberangkatan

PERIKSA: CJH melakukan pengecekan kesehatan di Dinas Kesehatan. (foto : shandy/rb)

ARGA MAKMUR – Calon Jamaah Haji (CJH) atas nama Rusman mengundurkan diri berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Kemenag akan melakukan pergantian dengan CJH lain yang sudah masuk dalam daftar tunggu. Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Utara, H. Heriansyah, S.Ag, MH.i mengatakan Rusman menunda keberangkatan karena sakit.

Namun asumsi sakit tersebut hanya dinyatakan Rusman sendiri sebelum dilakukan pengecekan kesehatan oleh panitia haji Bengkulu Utara. “Jadi surat itu kita terima dan kita setujui. Karena ini permintaan langsung dari CJH yang terdaftar,” terangnya.

Pergantian CJH tetap berdasarkan daftar tunggu teratas. Sehingga CJH yang seharusnya berangkat pada nomor teratas untuk tahun depan diberangatkan tahun ini. “Jadi akan kita tawarkan. Untuk Rusman akan masuk daftar keberangkatan tahun depan,” kata Heriansyah.

Sebanyak 201 CJH mengikuti pemeriksaan kesehatan di Dinas Kesehatan dengan pendampingan panitia haji. Mereka juga mengikuti fisik untuk memastikan fisik mereka kuat melaksanakan rangkaian ibadah haji nanti.

Secara umum seluruh jamaah dalam kondisi sehat dan siap berangkat, meskipun ada yang sudah usia lanjut mengidap penyakit bawaan dan harus membawa obat khusus saat keberangkatan. “Kita juga meminta mereka yang sudah ada riwayat penyakit untuk lebih berhati-hati lagi menjaga kesehatannya sampai nanti keberangkatan,” pungkas Heriansyah.

Dari 201 CJH, sebanyak 30 CJH yang belum melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Namun waktu masih panjang bagi CJH untuk melakukan pelunasan. “Waktu untuk pelunasan masih kita tunggu,” ujarnya.(qia)

Berita Lainnya

Kades LT Tetap Ditahan

ARGA MAKMUR – Kades Lebong Tandai, Supriadi menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Arga ...

error: Content is protected !!