Senin , 22 Juli 2019
Home / Metropolis / BPJS Bantah Pemutusan Sepihak

BPJS Bantah Pemutusan Sepihak

BENGKULU – Berdasarkan surat edaran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bengkulu, per tanggal 1 April Rumah Sakit Tiara Sella (RSTS) tidak dapat melayani peserta JKN dan KIS. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Rizki Lestari membantah adanya pemutusan kerja sama secara sepihak.

Kontrak kerja sama RSTS dengan BPJS Kesehatan berakhir pada 31 Maret 2019 dan saat ini belum diperpanjang oleh BPJS Kesehatan. “Perlu digarisbawahi bahwa tidak ada pemutusan secara sepihak. Pemutusan dengan habis masa perjanjian kerja sama itu berbeda,” jelas Rizki pada RB, Senin (1/4).

Alasan RSTS tidak dapat melayani peserta JKN dan KIS dikarenakan masa kontrak sudah berakhir pada 31 Maret lalu. Rizki menjelaskan, ada kemungkinan untuk perpanjangan masa kontrak kerja sama kembali. Tentu saja dengan mempertimbangkan kesepakatan yang wajib dipenuhi dan disepakati kedua belah pihak.

“Ya ada kemungkinan untuk bekerja sama kembali. Habisnya perjanjian kerja sama tidak selamanya menutup kemungkinan untuk bekerja sama lagi,” jelasnya.

Ia juga mememinta peserta JKN dan KIS untuk tidak khawatir. Hal yang menjadi fokus utama BPJS saat ini, selama belum adanya perpanjangan masa kontrak pada RSTS tersebut maka pelayanan peserta JKN dan KIS dapat tercukupi secara maksimal.

“Sudah diantisipasi dengan mengirimkan pemberitahuan lewat SMS blast kepada para peserta JKN dan KIS yang mendapatkan rujukan ke RSTS,” katanya.

Pasien yang sudah terlanjur mendapatkan rujukan ke RSTS dan masih berlaku April sampai Mei mendatang, sudah dikoordinasikan dan diminta bantuan dari fasilitas kesehatan tingkat pertama, untuk dapat membantu memperbarui rujukannya. Tak hanya itu, pihaknya juga sudah mempersiapkan hotline service dengan 2 orang  Person In Charge (PIC) untuk membantu para peserta yang kesulitan memperbarui rujukannya.

Ia juga berharap sementara waktu belum adanya perpanjang masa kontrak antara BPJS dan RSTS, pelayanan peserta JKN dan KIS dapat tercukupi. Menurut analisa yang dilakukan pihak BPJS, saat ini  rumah sakit lainnya masih mencukupi untuk pelayanan kesehatan bagi para peserta JKN dan KIS di Bengkulu. “Mudah-mudahan untuk pelayanan peserta JKN dan KIS dapat tercukupi,” tutupnya. (cw1)

Berita Lainnya

Stok Banyak, Harga Cabai Mulai Turun

BENGKULU – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Bengkulu mulai mengalami penurunan. Setelah ...

error: Content is protected !!