Rabu , 24 April 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Siang Ini, Digelar Sidang Gugatan PKPI

Siang Ini, Digelar Sidang Gugatan PKPI

SIDANG: Bawaslu Mukomuko menggelar sidang terkait pengaduan salah satu Parpol, Senin (1/4).

MUKOMUKO – Putusan atas gugatan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Mukomuko pada salahsatu Caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS), bakal disampaikan Bawaslu Mukomuko Selasa (2/4). Bawaslu  memastikan, apakah benar-benar terjadi pelanggaran administrative atau lainnya yang dilakukan tergugat.  “Besok (hari ini, red) putusannya. Tadi baru kita gelar sidang kedua,” kata Ketua Bawaslu Mukomuko Padlul Azmi, SH ditemui usai memimpin sidang, Senin (1/4).

Meski belum bersedia berkomentar banyak soal materi perkara. Namun Padlul mengisyaratkan perkara ini masuk ke ranah sengeketa administrasi. “Untuk sidang putusan yang rencananya dibentang besok (hari ini), kita sudah mengundang seluruh pihak yang terlibat,” tandasnya.

Ketua PKPI Mukomuko, Alfian mengatakan partainya merasa dirugikan atas kampanye contoh surat suara yang dilakukan salahsatu caleg dari PKS. Suasana sidang sempat sedikit memanas, ketika Alfian menyampaikan jawaban dari pertanyaan majelis soal kerugian yang dialami partainya.

Menurut Alfian, kampanye yang dilakukan caleg PKS berinisial Ta dari daerah pemilihan (Dapil) 3 itu, sangat merugikan pihaknya. Terkhusus merugikan caleg PKPI dari Dapil 3. “Karena merasa dirugikan, kami menempuh jalur hukum melalui Bawaslu Mukomuko. Walaupun protes langsung sudah kami sampaikan ke Caleg bersangkutan,” jelas Alfian.

Dijelaskan dalam kampanye melalui contoh surat suara oleh Caleg PKS, urutan nama-nama Caleg dari PKPI tersebut diacak dalam contoh lembar surat suara yang diberikan oknum caleg PKS kepada warga.

Nama-nama Caleg dilembar itu tidak sesuai dengan nama asli para caleg. Tidak hanya itu, dari delapan Caleg yang disiapkan PKPI di Dapil 3, ada pula nama yang dihilangkan dalam lembar contoh surat suara yang dikenalkan oleh oknum Caleg PKS tersebut ke masyarakat.  “Kami minta oknum itu membersihkan contoh surat suara yang sudah disebar. Terus membuat pernyataan sikap,’’ demikian Alfian.(hue)

Berita Lainnya

Ngorok, Belasan Ayam Petelur Mati

MUKOMUKO – Petugas kesehatan hewan di Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko akhirnya turun ke lapangan melakukan ...

error: Content is protected !!