Rabu , 19 Juni 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Sukseskan MTQ, PemkabSiapkan Dana Rp 8,7 Miliar

Sukseskan MTQ, PemkabSiapkan Dana Rp 8,7 Miliar

MUKOMUKO – Kabupaten Mukomuko bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil (MTQ) tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2019. Untuk menyambut event itu, Pemkab alokasikan dana Rp 8,7 miliar lebih.  Dana sebesar itu tidak lain untuk penyiapan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan MTQ. Mulai dari arena MTQ, ruang terbuka hijau, dan termasuk landscape untuk Islamic Center.

Dana terbesar, dialokasikan untuk pembangunan gerbang, pagar dan Lanscape Islamic Center (IC) yang sebesarnya mencapai Rp 6,47 miliar. Dana tersebut untuk pekerjaan tahap pertama. Kemudian Ditambah lagi untuk pengawasan kegiatan sebesar Rp 200 juta.

Lalu alokasi untuk pembangunan ruang terbuka dan taman kawasan perkantoran guna mendukung arena MTQ, sebanyak Rp 2,26 miliar. Ditambah dana untuk pengawasan sebesar Rp 100 juta.  Selain itu, Pemkab juga akan kembali menuntaskan taman kota di Bundaran Kota Mukomuko. Pasalnya ini akan jadi pintu gerbang masuk para kafilah dan peserta MTQ dari 8 kabupaten/kota Provinsi Bengkulu.

Pemkab Mukomuko sudah gelontorkan dana mencapai Rp 2,7 miliar. Dana sebesar itu untuk pengembangan Taman Kota Mukomuko tahap kedua serta bangun gapura di perbatasan Kabupaten Mukomuko-Kabupaten Bengkulu Utara senilai Rp 886,5 juta.  Meski selama ini sudah ada gapura, namun akan dibangun lebih megah. Karena ini akan menjadi yang pertama kali menyambut kafilah MTQ datang ke Mukomuko.

Selanjutnya karena posisinya berdampingan sama komplek Masjid Agung dan IC, dimana lokasi tersebut bakal jadi pusat kegiatan MTQ. Selain itu untuk percantik komplek Kantor Bupati Mukomuko, Pemkab siapkan dana sebesar Rp 901,3 juta. Dana tersebut untuk bangun trotoar gedung Kantor Bupati Mukomuko.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Mukomuko, Ruri Irwandi, ST, MT mengatakan semua pekerjaan itu ditargetkan sudah mulai terlaksana sebelum MTQ bergulir. Diketahui, MTQ tingkat Provinsi akan digelar Oktober 2018.

“Sore ini (kemarin, red), kita laksanakan review ulang untuk konsultan pengawas. Kemudian kita gelar lelang. Semuanya diproses di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Pemkab Mukomuko,” imbuh Ruri.

Sedangkan untuk pekerjaan fisik ditargetkan April ini seluruhnya tuntas. Jadi sudah mulai dikerjakan sekitar Mei 2019. ‘’“Kita harapkan pekerjaan fisik bulan April ini sudah jalan,” demikian Ruri.(hue)

Berita Lainnya

Daya Tampung SMA/SMK Capai 3.558 Siswa

MUKOMUKO – Daya tampung SMA/SMK di Kabupaten Mukomuko dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ...

error: Content is protected !!