Minggu , 21 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Tapal Batas, Tunggu Keputusan Mendagri

Tapal Batas, Tunggu Keputusan Mendagri

SELUMA – Penetapan Tapal Batas (Tabat) Seluma- Bengkulu Selatan (BS) hingga kini belum juga ada kejelasan. Sehingga hal ini membuat bingung dan resah warga yang tinggal di tujuh desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkulu Selatan. Meliputi Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) dan Kecamatan Semidang Alas (SA).

Bupati Seluma, H. Bundra Jaya, SH, MH mengatakan terkait tabat pihaknya masih menunggu keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), yang akan menentukan titik koordinat tabat tersebut. ‘’Semua dokumen dan berkas terkait tabat telah kita serahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Jadi kita tunggu saja keputusannya,’’ ujar Bundra.

Dijelaskan Bundra, pengukuran ulang titik koordinat sudah dilakukan oleh tim dari Kemendagri, Pemprov Bengkulu didampingi oleh tim dari Pemkab Seluma dan Bengkulu Selatan pada Agustus 2018 lalu. ‘’Kita terus berkoordinasi dengan Pemprov Bengkulu. Semoga keputusan yang ditetapkan oleh kemendagri nantinya bisa berdampak baik untuk Kabupaten Seluma,’’ kata Bundra.

Sekadar mengingatkan polemik tapal batas (tabat) antara Kabupaten Seluma dan Bengkulu Selatan mulai dibahas sejak tahun 2017 lalu. Masing-masing pemerintah daerah saling klaim batas wilayah. Pemkab Bengkulu Selatan mengklaim batas wilayah BS berada di jembatan Air Maras. Sementara Pemkab Seluma mengklaim batas wilayah Seluma ada di Desa Serian Bandung, yang berbatasan langsung dengan Desa Selali, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Saat itu di tahun 2017, Pemprov Bengkulu sudah melakukan verifikasi tabat bersama Pemkab Seluma dan Bengkulu Selatan. Verifikasi pertama dilakukan pada Titik Koordinat (TK) 18 yaitu di Muara Air Maras Desa Serian Bandung Kecamatan SAM. Menyusul TK 17 di Cugung Lirik Pesisir Pantai Maras, selanjutnya TK 16 Desa Padang Beriang Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan, yang berbatasan dengan Desa Talang Alai Kecamatan SAM. Lalu TK 15 di Ulu Tebat Mayan, Kecamatan Semidang Alas dan TK 14 di Bukit Tunjuk, Kecamatan SAM.(aba)

Berita Lainnya

September, Dinsos Salurkan BPNT

SELUMA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Seluma, Ir. Titik Sumila mengatakan September ...

error: Content is protected !!