Kamis , 25 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / UNBK, Sekolah Kurang Komputer

UNBK, Sekolah Kurang Komputer

UNBK: Siswa SMA/MA di Kabupaten Benteng,  Senin (1/4) mulai mengikuti UNBK. (foto: fintah/rb)

BENTENG – Rata-rata kendala SMA/MA melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) adalah kurangnya fasilitas komputer. Seperti yang terjadi di SMAN 1 Benteng, hari pertama UNBK dengan mata ujian Bahasa Indonesia, siswa terpaksa harus dibagi menjadi beberapa sesi. Karena sekolah ini hanya memiliki 90 unit komputer. Sedangkan peserta UNBK mencapai 289 siswa. Supaya tidak memakan waktu lama, guru meminjamkan laptop miliknya untuk dipakai siswa UNBK. “Ini sudah berlangsung sejak UNBK pertama. Namun, kekurangan unit komputer tersebut tidak mempengaruhi pelaksanaan UNBK. Karena sudah bisa ditutupi langsung oleh pihak sekolah tanpa harus meminjam komputer ke luar sekolah,” jelas kepala SMAN 1 Benteng, Eka Saputra S.Pd.

Untuk pelaksanaan UNBK kemarin, secara umum diakui Eka berlangsung aman. Kekhawatiran mati lampu saat pelaksanaan UNBK diantisipasi dengan dua unit genset. Seluruh peserta UNBK juga hadir di hari pertama ini. Meskipun ada siswa yang mengalami kecelakaan, namun tetap bisa mengikuti UNBK. “Alhamdulillah lancar,” katanya.

Sementara itu, Kasi SMA Cabdin Pendidikan wilayah VIII Karang Tinggi, Dikbud Provinsi Bengkulu, Adang Parlindungan, SH mengatakan pelaksanaan UNBK tingkat SMA berjalan lancar. Sekolah di pedalam, seperti SMAN 4 Benteng juga sukses menggelar UNBK. Kendala jaringan internet dan listrik sudah bisa diatasi. “Dari laporan, semuanya berjalan lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kadis Dikpora Benteng, Saidirman SE, M.Si juga langsung meninjau beberapa SMA yang melaksanakan UNBK.

“Kami hadir ingin memberikan dukungan untuk siswa SMA/MA Benteng dalam pelaksanaan UNBK,” demikian Saidirman.

Dari data yang dimiliki Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu, ada 14 SMA/MA yang menggelar UNBK. Yakni 7 SMA, 3 SMK dan 4 MA.(vla)

Berita Lainnya

DPRD Bakal Diisi Banyak Wajah Baru

BENTENG – Kursi DPRD Bengkulu Tengah (Benteng) periode 2019-2024 bakal banyak dihiasi dewan muka baru. ...

error: Content is protected !!