Rabu , 24 Juli 2019
Home / Pemilu / Waspada Peredaran Upal Jelang Pemilu

Waspada Peredaran Upal Jelang Pemilu

Ariefaldi WN

ARGA MAKMUR – Polres Bengkulu Utara (BU) mewaspadai kejadian tindak pidana yang rawan terjadi setiap pelaksanaan pemilu. Yakni peredaran uang palsu (Upal). Peredaran upal biasanya memanfaatkan momentum dimana uang banyak beredar seperti hari raya dan pemilu. Besarnya kebutuhan mmasyarakat sering dimanfaatkan oleh pelaku peredaran upal.

Kapolres BU AKBP. Ariefaldi WN, SH, S.IK, MM melalui Kasat Reskrim AKP. M Jufri, S.IK menuturkan salah satu yang kini diwaspadai personelnya adalah peredaran upal. Selain itu tindak pidana konvensional lainnya berupa tindak kejahatan terkait pemilu.

“Upal ini biasanya memanfaatkan kelengahan masyarakat saat menerima uang. Masyarakat biasanya tidak memperhatikan uang yang diterima,” kata Kasat Reskrim.

Biasanya yang digunakan sebagai tempat bertransaksi adalah pasar-pasar tradisional terutama pasar pagi. Ia meminta pedagang juga waspada saat menerima uang terutama pembelian dalam jumlah besar dan lebih dulu meneliti uang yang diterima. “Modus biasanya yang kita tangani adalah pelaku membeli dengan sejumlah uang, namun ada beberapa lembar uang yang diketahui palsu,” terangnya.

Ia meminta masyarakat yang menerima uang palsu untuk segera melapor pada polisi. Bahkan, jika masih ada orang yang memberikan upal tersebut untuk segera dilaporkan ke polisi. “Kita sangat berharap informasi dari masyarakat,” ujarnya.(qia)

Berita Lainnya

KPU Klaim Partisipasi Pemilih Meningkat

KEPAHIANG – KPU Kepahiang mengklaim partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 lalu mencapai 82 persen. Angka ...

error: Content is protected !!