Selasa , 23 Juli 2019
Home / Metropolis / 179 ASN Tunggu Persetujuan BKN

179 ASN Tunggu Persetujuan BKN

SERAHKAN: Sekdaprov Nopian Andusti menyerahkan petikan SK kenaikan pangkat secara simbolis kepada ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu. (foto: ist/rb)

BENGKULU – Sebanyak 1.489 ASN mendapat kenaikan pangkat periode April. Terdiri dari 994 ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu, dan 495 ASN golongan 4A ke atas tersebar di 10 kabupaten/kota. Diusulkan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Bengkulu ke Kantor Regional (Kanreg) VII BKN Palembang.

“Ada 1.489 ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu dan dari ASN kabupaten/kota yang menjadi kewenangan provinsi untuk menyampaikan usulan naik pangkat ke BKN, sudah disetujui naik pangkatnya periode April ini,” ujar Kepala BKD Provinsi Bengkulu Diah Irianti didampingi Kabid Mutasi dan Promosi Rusmayadi Hasan.

Untuk periode April ini, terangnya, ada sebanyak 1.668 usulan berkas naik pangkat ASN disampaikan BKD Provinsi Bengkulu kepada BKN melalui kanreg VII BKN Palembang. Meliputi sebanyak 559 usulan dari 10 kabupaten kota untuk golongan 4 A keatas, dan 1.109 usulan naik pangkat ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu. Sedangkan yang persetujuannya belum turun dari BKN ada sekitar 179 lagi. Statusnya masih menunggu pertimbangan BKN karena Kanreg VII BKN Palembang sedang memproses provinsi dan kabupaten lain.

“Untuk 994 ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu yang sudah mendapat persetujuan BKN, SK kenaikan pangkatnya juga diberikan per 1 April sesuai periode,” katanya.

Sementara itu, menurutnya usulan 179 ASN yang sampai saat ini belum mendapat persetujuan dari BKN belum bisa dikatakan ditolak karena Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Lantaran BKN masih memberikan waktu bagi ASN untuk melengkapi berkas persyaratan kenaikan pangkat. Mengingat waktunya berbatas, dan diperkirakan Mei ini sistem aplikasnya ditutup maka ASN bila belum juga mendapat persetujuan bisa gagal mendapat kenaikan pangkat periode April ini.

“Kendala yang kita hadapi jarak tempuh provinsi ke BKN maupun jarak tempuh kabupaten ke provinsi. Selalu kita ingatkan khususnya kepada BKD kabupaten/kota kalau sudah ada ASN yang memperbaiki persyaratannya segera sampaikan dengan kita,” beber Rusmayadi yang ikut diiyakan Kasubid Pangkat Zalman Hengki.

Ia menerangkan dalam 1 tahun ada 2 kali pengajuan naik pangkat, yaitu perode April dan Oktober. Untuk periode Oktober sendiri diperkirakan Juni mendatang sudah sudah mulai pemberkasan dari usulan yang masuk ke BKD Provinsi Bengkulu. Berkas yang diterima terlebih dulu diverifikasi oleh BKD, baru disampaikan ke Kanreg VII BKN Palembang untuk kembali diverifikasi. “Yang sudah mendapatkan persetujuan BKN kita serahkan tepat jadwal kepada ASN plus menerima gaji pokok pangkat baru tepat 1 April,” terang Rusmayadi.

Sementara itu, Sekda Provinsi Bengkulu Noopian Andusti secara resmi menyerahkan petikan Keputusan Gubernur Bengkulu Nomor: SK. 823-P. 250 Tahun 2019 tanggal 01 Maret tentang kenaikan pangkat PNS Pemerintah Provinsi Bengkulu secara simbolis kepada 30 PNS perwakilan OPD di Lingkungan Kantor Gubernur Bengkulu, di Lapangan Apel Kantor Gubernur Bengkulu, Selasa (2/4).

“Kenaikan pangkat itu adalah suatu cerminan peningkatan kualitas diri kita sebagai ASN. Dengan kenaikan pangkat ini seharusnya kemampuan dan menejerial sebagai ASN juga harus meningkat. Jangan sampai terjadi pangkat tinggi tapi kemampuan rendah,” imbuhnya.

Nopian juga mengingatkan kepada seluruh pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov Bengkulu untuk terus menjaga netralitas dalam pemilu serentak 2019. Jangan sampai terlibat politik praktis mendukung salah satu capres maupun caleg. Namun untuk menggunakan hak suara pada 17 April mendatang, tetap menjadi hak ASN.

“Ini juga harus diingat dan menjadi perhatian oleh para pejabat dan ASN Pemprov Bengkulu untuk tidak terlibat politik praktis. Jelas netralitas ASN harga mati,” pungkasnya. (key)

Berita Lainnya

Stok Banyak, Harga Cabai Mulai Turun

BENGKULU – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Bengkulu mulai mengalami penurunan. Setelah ...

error: Content is protected !!